Fisikawan Terkenal: Masa Depan Akan Dikuasai Robot dan Uang Digital

Fisikawan Terkenal: Masa Depan Akan Dikuasai Robot dan Uang Digital

Sejumlah pakar robot yang dilengkapi kecerdasan buatan (artificial intelligence) mengajukan petisi kepada PBB. (Foto: viaLiputan6.com)

BATAMNEWS.CO.ID, Amerika Serikat - Seorang fisikawan terkenal Amerika Serikat (AS), Michio Kaku, membuat prediksi tentang kehidupan manusia di masa depan yang sulit diterima akal sehat. Michio mengatakan, masa depan ada pada Artificial Inteligence (AI).

Fisikawan berusia 71 tahun itu juga meramalkan mengenai nasib Bitcoin atau uang digital lainnya.

Dilansir dari Futurism, Rabu (28/3/2018), sang fisikawan percaya kalau di abad ini manusia akan menjalin hubungan dengan peradaban alien.

"Di abad ini, kita akan membuat kontak ke peradaban alien dengan cara mendengarkan komunikasi radio mereka," tutur Kaku.

Meski begitu, Kaku tidak menyarankan manusia untuk berdiam diri saja di planet Bumi.

Senada dengan ambisi Elon Musk, fisikawan ini juga berpikir lebih baik manusia berjaga-jaga dengan menyiapkan rencana pembangunan pemukiman di planet Mars demi kepentingan masa depan.

"Para dinosaurus tidak memiliki program luar angkasa, dan itulah mengapa mereka sekarang punah. Tak ada yang menyuruh kita semua harus meninggalkan Bumi dan pergi ke Mars, tapi sebuah pemukiman di Mars adalah kemungkinan yang pasti," ujarnya.

Waspada Robot

Hal lain yang dibahas oleh Kaku adalah potensi permasalahan yang dapat ditimbulkan oleh AI.

Bagi sebagian kalangan, kemampuan AI memang menarik untuk dibahas karena dengan AI manusia dapat mengoptimalisasi kinerja mesin dan robot, sedangkan bagi kalangan lain, ada masalah serius bisa timbul bila pengembangan AI tidak dibarengi etika.

"Beberapa dekade nanti, mereka (robot) akan menjadi secerdas tikus kecil, lalu tikus besar, lalu kucing, lalu anjing, dan monyet. Bila saat itu tiba, mereka mungkin menjadi berbahaya dan bahkan menggantikan manusia menjelang akhir abad ini," paparnya.

Kaku tidak sendiri dalam hal ini, Elon Musk pun berkali-kali menyampaikan ketakutannya terhadap para robot yang berpotensi membahayakan.

Walau begitu, pemuka teknologi lain seperti Jeff Bezos malah menikmati kemampuan robot yang semakin luwes.

Bitcoin dan Mobil Tanpa Pengemudi

Saat ini, selain AI, yang menjadi perbincangan hangat adalah perkembangan uang digital seperti Bitcoin dan mobil-mobil yang bisa berkemudi sendiri (driveless car, mobil nirsopir).

Untuk uang digital, Kaku menyampaikan pernyataan yang cukup kritis dengan menyamakannya seperti berjudi dan berspekulasi.

"Bitcoin bukanlah industri yang produktif," tuturnya.

Namun, profesor lulusan Harvard ini tampak mendukung pengembangan mobil tanpa sopir (otonomos) yang ia anggap dapat mengurangi kecelakaan lalu lintas.

"Sebagaimana transportasi didigitalisasi pada dekade selanjutnya, mobil-mobil otonomos yang dipandu GPS dan radar akan bersama kita di jalan raya. 'Kecelakaan lalu lintas' dan 'macet' akan menjadi istilah kuno," katanya.

"Ribuan nyawa akan diselamatkan tiap tahunnya (berkat mobil otonomos)," pungkasnya.

(snw)

 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews