Warga Diimbau Waspada Penyakit TBC, Ini Tanda-tandanya

Peringatan Hari TBC Sedunia di Tanjungpinang. (foto: yandika hendra)

BATAMNEWS.CO.ID, Tanjungpinang - Memperingati hari Tuberculosis (TBC) ke-133 sedunia, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tanjungpinang mengimbau warga Tanjungpinang yang terindikasi menderita Tuberculosis (TBC) agar dapat melapor ke unit kesehatan yang ada di kota Tanjungpinang.

"Pemeriksaan dan pengobatan gratis," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang, Rustam kepada media ini usai kampanye Penemuan dan Pengobatan TBC (Tuberculosis) di Lapangan Pamedan Ahmad Yani, Rabu (25/3/2015).

Pengobatan gratis tersebut berlangsung selama 6 hingga 9 bulan.

Ia menjelaskan, ciri-ciri penderita TBC, seperi batuk berdahak yang cukup lama hingga dua pekan, keringat pada malam hari tanpa aktivitas, badan terasa lemah lesu, meriang serta demam yang diikuti turunnya berat badan secara drastis.

"Jenis penyakit dapat disembuhkan melalui pencegahan yang dapat dilakukan dengan cara membiasakan hidup bersih dan juga bisa melalui menjaga ventilasi rumah agar terjadi pertukaran udara dan masuknya cahaya matahari. Karena, penderita TBC untuk wilayah Tanjungpinang dari 2014 hingga Maret 2015 berada di angka 367 penderita," terang Rustam

Dari jumlah tersebut, hanya sekitar 178 penderita sudah kita tertangani.  "Dari 178 penderita yang positif TBC, sudah 19 orang yang meninggal dunia," katanya.

(yan)