Wakapolda Kepri: Itu Hanya Kesalahpahaman

Wakapolda Kepri: Itu Hanya Kesalahpahaman

Detik-detik pengusiran wartawan saat liputan Kapolri Jend Tito Karnavian (Foto: Batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Di Hari Pers Nasional yang jatuh pada hari ini insiden pelarangan jurnalis untuk meliput kedatangan Kapolri Jenderal Tito Harnavian ke Batam terjadi di ruang VIP Bandara Hang Nadim Batam, Kepulauan Riau, Jumat (9/2/2018).

Beberapa jurnalis yang terdiri dari I News TV, TVRI, Batam Pos, Tribun, Batam Today. Com, Batamnews.co.id, Tanjung Pinang Pos, Antara, Sindo Batam, mendapat perlakuan tidak layak oleh Kabid Propam Polda Kepri Kombes Pamen Simanjuntak saat hendak meliput. 

 

Baca juga:

Jokowi Jadi Wartawan di HPN, Wartawan Gantian Jadi Presiden

TNI AL Tangkap Kapal Bermuatan 1 Ton Sabu-sabu

 

"Kalian nggak usah meliput, kalian pergi dari sini jangan wawancara atau ambil foto," ujar Kabid Propam Polda Kepri Kombes Pol Pamen Simanjuntak kepada beberapa wartawan di VIP Bandara Hang Nadim Batam.

Saat hendak mengambil foto untuk mengabadikan kedatangan Kapolri di pintu luar  beberapa anggota Propam Polda Kepri menepis kamera handphone milik jurnalis batamnews.co.id dan sempat terjadi adu mulut. 

Tampak dalam video yang beredar, Kabid Propam Polda Kepri mendorong jurnalis batamnews.co.id saat mengambil foto Kapolri.

Wakapolda Kepri Brigjen Pol Yan Fitri mewakili Kapolda Kepri Irjen Pol Didid Widjanardi beserta jajaran Polda Kepri meminta maaf atas peristiwa yang terjadi, Jumat (10/2/2018).

Yan Fitri kepada batamnews.co.id mengatakan, dalam peristiwa tersebut merupakan kesalahan pahamam dalam berkomunikasi dimana dalam kejadian tersebut seharusnya tidak terjadi. 

"Ada kesalahan dalam berkomunikasi terjadi di lapangan namun dalam hal ini terlebih dahulu menyampaikan permohonan maaf atas kesalahan yang terjadi kemarin atas nama Kapolda Kepri Irjen Pol Didid Widjanardi dan segenap jajaran Polda Kepri kiranya meminta maaf kepada jurnalis yang meliput kedatangan Kapolri Jenderal Tito Harnavian di VIP Bandara Hang Nadim Batam," ujar Yan Fitri Sabtu (10/2/2018) yang didampingi Kabid Humas Polda Kepri Kombes Pol Erlangga serta Kabid Propam Polda Kepri Kombes Pol Pamen Simanjuntak di Morning Bakery Green Land.  

Yan Fitri menambahkan, kedatangan Kapolri Jenderal Tito Harnavian di Batam untuk menyampaikan apresiasi atas sinergitas TNI Polri yang terjalin sudah sangat baik dimana hasil yang dapat dilihat. 

"Kedatangan Kapolri Jenderal Tito Harnavian di Batam untuk menyampaikan apresiasi atas sinergitas TNI Polri yang terjalin sudah sangat baik dimana hasil yang dapat dilihat oleh beliau," ujar Yan Fitri. 

Sementara itu Agus Siswanto Siagian anggota Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Provinsi Kepri mengecam keras atas aksi tindakan Kabid Propam Polda Kombes Pol Pamen Simanjuntak yang melakukan pengusiran jurnalis saat hendak meliput. 

"IJTI merasa keberatan karena apa yang dilakukan Kabid Propam Polda Kepri usir wartawan sudah melakukan fungsi dan tugas  pers dan seorang jurnalis berhak untuk bertanya apa soal agenda  kedatangan Kapolri Ke Batam," ujar Agus Siswanto Siagian kepada batamnews.co.id. 

Menurut Agus Siswanto Siagian, seorang jurnalis  wajar seorang insan pers bertanya soal kegiatan Kapolri Ke Batam mengingat sebagai pejabat publik. 

"Wajar dong jurnalis bertanya dan kenapa harus dihalangi untuk meliput,” ujar Agus Siswanto. 

(jim) 

 

Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews