BP Batam Belum Respons Kabar Dugaan Pengaturan Pemenang Lelang di LPSE BP Batam

BP Batam Belum Respons Kabar Dugaan Pengaturan Pemenang Lelang di LPSE BP Batam

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Pihak BP Batam belum memberikan penjelasan resmi mengenai dugaan pengaturan lelang jasa pengamanan gedung dan aset BP Batam.

Lelang itu dimenangkan PT Target Kelola Securindo, perusahaan asal Jakarta. Sejumlah peserta lelang di Batam meradang. Ada sekitar 31 perusahaan yang mengikuti lelang dengan pagu senilai Rp 16 miliar itu.

Informasi dari peserta lelang yang kalah, perusahaan pemenang itu belum memiliki sejumlah persyaratan saat mengikuti lelang, namun berhasil menang.

Selain itu harga yang ditawarkan juga tinggi dibandingkan harga tawaran perusahaan lain yang memiliki kelengkapan lelang.

"Mereka tidak punya NPWP dan tidak memenuhi persyaratan sebagai perusahaan lokal berdasarkan Perkab Kapolri," ujar seorang peserta lelang kepada batamnews.co.id.

Bahkan sebuah bos perusahaan lelang sempat mencak-mencak di kantor BP Batam dan membawa pengacara mempertanyakan proses lelang yang dianggap tidak transparan itu.

Mengenai kisruh ini, pihak BP Batam masih belum terbuka. 

Humas BP Batam, Kasubdid Humas BP Batam, Topan mengatakan, akan mempertemukan pihak Unit Layanan Pengadaan (ULP) BP Batam dengan wartawan batamnews.co.id, sore kemarin, namun tidak kunjung dipenuhi.

“Kita fasilitasi dulu data-data apa saja yang mau disiapkan, besok mungkin sudah bisa wawancaranya, atau hari ini nanti jam lima saya usahakan,” kata dia, Kamis (8/2/2018).

Topan menyebutkan, untuk teknisnya biar pihak dari ULP yang menjelaskan. Kepala BP Batam Lukita Dinarsyah Tuwo mengaku belum mengetahui perihal dugaan pengaturan pemenang lelang tersebut. 

Ia mengaku baru membaca berita terkait hal itu. Ia pun menyerahkan kepada Deputi V Irjen Bambang Purwanto. Bambang mengatakan akan menelusi kabar tersebut.

Informasi yang beredar perusahaan pemenang milik seorang jenderal pensiunan bintang dua. 

Lelang dengan nilai sebesar Rp 15 miliar itu dimenangkan PT Target Kelola Securindo. Harga itu lebih tinggi daripada beberapa peserta lelang yang lainnya.

Berdasarkan data yang diperoleh, PT Target Kelola Securindo memenangkan lelang dengan harga Rp 15.087.194.000. 

Berdasarkan informasi yang dihimpun, beberapa syarat administrasi yang sesuai dengan peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia no 24 tahun 2007 10 Desember 2007 Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2007 No 50.

Ia mengaku kecewa dengan cara lelang di BP Batam tersebut, kendati berlangsung secara online. "Setahu saya, perusahaan pemenang itu juga belum terdapat di Asosiasi Badan Usaha Jasa Pengamanan Indonesia Batam (ABUJAPI)," ujar dia. 

(yud)

Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews