Nelayan Karimun Temukan Proyektil Mortir Aktif

Nelayan Karimun Temukan Proyektil Mortir Aktif

Petugas TNI AL memperlihatkan proyektil mortir aktif yang ditemukan warga Durai Karimun (Foto: Batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Karimun - Warga Kecamatan Durai, Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau, menemukan proyektil mortir. Mortir itu masih aktif dan berfungsi. Hanya bentuknya saja yang berkarat.

Saat ini, mortir yang ditemukan tersebut masih diamankan di Mako Lanal TBK. Mortir itu setelah ditemukan warga, diserahkan ke Posmat TNI AL Durai.

“Kita masih amankan di Lanal TBK,” ujar Danlanal Tanjungbalai Karimun, Letkol Laut (P) Totok Irianto, Kamis (8/2/2018) sore.

Proyektil mortir tersebut dinyatakan aktif setelah dilakukan pengecekan oleh ahli bahan peledak yang didatangkan oleh pihak Lanal yaitu mantan pelatih Gegana.

“Masih aktif, kemarin setelah dilihat dan diteliti oleh Purnawirawan Polri, Mortir itu aktif,” ujar Totok.

Nantinya, Mortir tersebut akan diserah terimakan ke Polres Karimun untuk penanganan lebih lanjut dan dikoordinasikan dengan Polda Kepri.

“Kita sudah koordinasi dengan Polres untuk tindak lanjutnya. Tapi sekarang masih kita amankan,” ucap Danlanal TBK.

Penemuan itu berawal saat warga Durai yang sedang melakukan aktivitas di Pulau Rukan, Durai, Karimun, pada Senin (5/2/2018). 

Benda yang telah berkarat tersebut dilaporkan ke perangkat desa sebelum di serahkan ke Pihak Lanal TBK pada Selasa (6/2/2018).

Mortir karatan itu memiliki berat 12 kg, panjang 25 cm dan diameter 12 cm tersebut dibawa ke Mako Lanal TBK untuk keamanan yang lebih terjaga, sebelum diserahkan ke pihak Polres Karimun.

(edo)

 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews