Aparatur Desa Masih Lemah, DPMD Minta Kades Manfaatkan Tenaga Pendamping

Aparatur Desa Masih Lemah, DPMD Minta Kades Manfaatkan Tenaga Pendamping

Kepala Bidang (Kabid) Pemerintahan Desa di DPMD Lingga, Said Asy Ari (Foto: Ruzi/Batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Lingga - Aparatur Desa di Kabupaten Lingga dinilai masih banyak yang lemah. Terutama dalam membantu penyusunan RAPBDes hingga keperluan lainnya yang diperlukan.

Dengan begitu, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Lingga meminta agar Kepala Desa (Kades) dapat memanfaatkan tenaga pendamping desa.

"Memang kita akui, aparatur desa kita masih lemah, namun kelemahan itu tidaklah menjadi alasan kita untuk tidak mau berusaha belajar agar desa-desa kita menjadi lebih baik lagi," kata Kepala Bidang (Kabid) Pemerintahan Desa di DPMD Lingga, Said As'y Ari kepada Batamnews.co.id, Selasa (30/1/2018).

Makanya, kata Said, desa terus manfaatkan pendamping desa yang telah ditetapkan di masing-masing desa oleh Kementrian Desa, salah satunya tugas mereka membantu pemerintahan desa

Dia mengatakan, bagi desa yang merasa pendamping desanya tidak bekerja dengan baik, dapat melaporkan ke pihak Kecamatan atau DPMD Lingga.

"Iya, silakan laporkan ke Kecamatan atau DPMD yang nantinya akan kami teruskan ke provinsi untk meninjau kembali pendamping tersebut untuk dijadikan pendamping," ujarnya.

Diketahui, saat ini sejumlah desa di Kabupaten Lingga sering mengalami keterlambatan dalam mengerjakan permasalahan internal desa, baik itu penyusunan RAPBDes yang berimbas terhadap telatnya pencairan Dana Desa.

Bahkan, tak jarang pihak desa merekrut para aparatur yang tidak berkompeten dibidang tersebut.

(ruz)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews