Dovizioso: Valentino Rossi Layak Jadi Raja MotoGP

Dovizioso: Valentino Rossi Layak Jadi Raja MotoGP

Valentino Rossi. (foto: ist/net)

BATAMNEWS.CO.ID, Bologna – Peforma Valentino Rossi di lintasan balap motor tak perlu diragukan lagi. Pembalap Tim Movistar Yamaha itu telah meraih sembilan gelar juara dunia dari semua kelas. Bahkan, ia pun masih bakal mentas di MotoGP 2018 meski di usia yang tidak muda lagi.

Rossi juga dikenal sebagai pembalap veteran lantaran ia masih bisa menunjukkan persaingan di antara rider-rider muda di MotoGP 2017. Di musim lalu, pembalap berusia 38 tahun itu hanya sekali naik podium utama dengan finis tercepat di Sirkuit Assen, Belanda. 

Tak hanya itu, pada musim 2017 The Doctor -julukan Rossi- juga meraih posisi runner-up saat mentas di Grand Prix (GP) Argentina, Amerika Serikat, dan Australia. Ia pun pernah menyelesaikan balapan di urutan ketiga di GP Qatar dan Inggris.

Performa Rossi di MotoGP 2017 tidak segemilang pada musim-musim sebelumnya karena berada di posisi lima klasemen akhir. Meski begitu, The Doctor sempat menjadi runner-up di MotoGP 2006, 2014, 2015, dan 2016. Total, ia telah membukukan tujuh gelar juara dunia di MotoGP dari sembilan kali juara di semua kelas.

Rossi telah menjadi juara dunia MotoGP pada 2001 (500cc saat ini MotoGP), 2002, 2003, 2004, 2005, 2008, dan 2009. Sisanya, ia meraih titel terbaik di kelas 125cc pada 1997 dan 250cc pada 1999.

Melihat prestasi tersebut, pembalap Tim Ducati Corse, Andrea Dovizioso mengatakan Rossi layak menjadi raja dunia balap MotoGP. Ia menilai The Doctor seperti Usain Bolt-nya di dunia atletik lantaran memiliki kekuatan.

“Saya pikir, Rossi merupakan Usain Bolt-nya di dunia atletik. Karena dia telah mengubah dan mengondisikan dunia dan ketika Anda memiliki kekuatan, maka itu berarti bahwa Anda adalah raja dunia,” ungkap Dovizioso, mengutip dari Ilgiornale, Minggu (7/1/2018). 

Di sisi lain, Dovi juga mengungkapkan hasil penampilannya di MotoGP 2017. Ia menyebut dirinya telah bertransformasi menjadi salah satu pesaing kuat bagi rider lain untuk memperebutkan gelar juara dunia.

“Sampai tahun lalu saya dianggap sangat kuat. Sekarang mereka tahu saya salah satu dari mereka,” ujarnya.

Dovizioso keluar sebagai runner-up MotoGP 2017 dengan raihan 261 poin di daftar klasemen akhir. Ia terpaut 37 angka dari pembalap Tim Repsol Honda, Marc Marquez yang berhak atas gelar juara dunia keenam sepanjang karier dunia balap di semua kelas.

(ind)
 


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews