Praja IPDN Sapu Bersih Perpustakaan di Tembeling

Praja IPDN Sapu Bersih Perpustakaan di Tembeling

Praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Angkatan 25, 26, 27 dan 28 menyulap Perpustakaan Tembeling Tanjung dari kumuh dan berantakan menjadi bersih dan rapi. (Foto: Harry/Batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Bintan - Praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Angkatan 25, 26, 27 dan 28 menyulap Perpustakaan Tembeling Tanjung dari kumuh dan berantakan menjadi bersih dan rapi.

Awalnya kondisi perpustakaan milik Kelurahan Tembeling Tanjung, Kecamatan Teluk Bintan itu sangat memprihatinkan. Bagian luarnya sangat bersemak bahkan plafon atapnya sudah rusak parah dan bolong.

Sedangkan bagian dalamnya berserakan dan berdebu. Buku-buku yang tersusun didalam lemari reot dan nyaris roboh dekat ruangan seluas 5 x 8 meter itupun banyak yang sudah lapuk akibat tak terjaga.

Namun kondisinya sudah berubah, karena 34 Praja IPDN itu telah melakukan aksi sosial yang bertemakan inspirasi praja. Merkea gotong royong untuk menjadikan perpustakaan tersebut lebih nyaman.

Bermula dari memperbaiki atap dan plafon. Kemudian dindingnya dicat ulang dan halaman disekitarnya dilantai beton. Kemudian ribuan buku diangkat dan dibersihkan serta disusun ulang sesuai abjadnya didalam lemari yang baru.

Salah satu Praja IPDN Angkatan 25, Debby Anggraeni mengatakan aksi ini merupakan kali pertama dilakukan angkatannya ketika waktu cuti dinas.

"Biasanya saat cuti praja IPDN hanya melakukan aksi sosial biasa. Tapi sekarang kami fokus bekerja memperbaiki dan membenahi fasilitas umum," ujar Debby yang merupakan koordinator aksi sosial inspirasi praja ini, kemarin.

Aksi ini merupakan inisiatif dari para praja. Namun sudah konsultasikan terlebih dahulu kepada para senior purna praja. Sehingga mendapatkan dukungan penuh dari purna praja.

Praja yang mengikuti aksi sosial ini merupakan putra dan putri dari Pulau Bintan. Aksi ini dilakukan selama satu hari penuh.

"Kami juga memberikan ratusan buku yang berasal dari Perpustakaan Daerah Kepri dan Tanjungpinang," katanya.

Praja IPDN lainnya, Aditya Wahyu Hidayat mengatakan jika aksi sosial ini langsung dilakukan oleh para praja sesuai keahliannya. Mulai dari memasang plafon, mengecat, dan menyemen.

"Semua kami lakukan atas inisatif dan keahlian masing-masing. Sedangkan dana untuk aksi ini berasal dari sumbangan kami dan bantuan kakak-kakak purna praja," jelasnya.

Besar harapan Praja IPDN agar perpustakaan yang telah diperbaiki ini dapat dimanfaatkan oleh warga pesisir untuk meningkatkan minat baca. Kemudian juga dapat memberikan inspirasi bagi kalayak ramai untuk terus memberikan yang terbaik untuk negeri.

(ary)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews