505 KK di Karimun Dapat Bantuan Perbaikan Rumah

Bupati Karimun, Aunur Rafiq. (foto: batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Karimun - Sebanyak 505 kepala keluarga di empat Kecamatan di Kabupaten Tanjung Balai Karimun, mendapat Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) dari pemerintah Pusat.

BSPS tahun anggaran 2017 merupakan program pemerintah pusat dan empat Kecamatan di Karimun mendapat bantuan, yaitu Kecamatan Buru, Belat, Kundur, dan Kundur Barat.

Sementara itu, pemerintah daerah sedang mengusahakan agar masih ada rumah di Karimun yang mendapat bantuan tambahan. Karena dari data Pemkab Karimun, warga yang memiliki Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) sekitar 5.000 rumah.

"Dalam BSPS secara nasional masih ada sisa 106. Kita sampaikan, bantuan itu kepada kami. Dan akan diproses, tapi kita diminta siap memberikan dana pendampingan. Dan mudahan-mudahan kita dapat lagi tambahan ini untuk tahun 2017," kata Bupati Karimun, Aunur Rafiq.

Besaran bantuan yang diterima tergantung dari hasil penilaian tim satgas. Bagi rumah yang memerlukan perbaikan ringan mendapatkan bantuan sebesar Rp 7.500.000, untuk kategori menengah memperoleh sekitar Rp 10 juta dan memerlukan banyak perbaikan mendapatkan bantuan sekitar Rp 15 juta. 

Dalam program ini, pemerintah bekerjasama dengan Bank Tabungan Negara (BTN). Masyarakat yang menerima bantuan tidak dapat mencairkan dana segar. Namun mereka mendapatkan bantuan berupa material bangunan.

"Masyarakat yang mendapatkan bantuan punya tabungan dan nomor rekening. Tapi mereka tidak bisa mencairkan sendiri. Harus transfer dari Bank BTN ke toko material," jelas Rafiq.

Pada kesempatan itu Rafiq juga mengingatkan, mengenai satuan harga barang di daerah kepulauan dan perbatasan kemungkinannya lebih besar dibandingkan daerah lain, mengingat biaya transportasi yang cukup besar. 

Maka, Bupati meminta kebersamaan di masyarakat, yang bisa dapat mengurangi biaya perbaikan yang dibutuhkan.

"Jadi kalau bantuan itu belum cukup maka bisa ditambah dengan penghasilan pribadi bapak-bapak atau ibu-ibu. Dan juga budayakan gotong-royong dan kebersamaan dalam pengerjaannya," ujarnya.

Pada tahun 2017 ini tiga Kabupaten/Kota di Kepri yang mendapatkan bantuan, yaitu Kota Batam, Kabupaten Karimun dan Kabupaten Lingga. Rencananya untuk BSPS tahun 2018 nanti Pemkab Karimun akan mengajukan sebanyak 600 rumah.

(aha)