Rudi Canangkan Penanaman Sejuta Pohon Ketapang Untuk Penghijauan Batam

Rudi Canangkan Penanaman Sejuta Pohon Ketapang Untuk Penghijauan Batam

Walikota Batam, Rudi menanam bibit pohon ketapang, Sabtu (26/8/2017) di kawasan Nagoya. (Foto: Margareth/Batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID,Batam - Walikota Batam, Muhammad Rudi mencanangkan penanaman sejuta pohon Ketapang Kencana (Terminalia Mantaly) di Batam.

Pencanangan diresmikan dengan penanaman pohon oleh anggota Pramuka di jalan Imam Bonjol, kawasan Nagoya, Sabtu (26/8/2017).

"Sesuai program awal RPJMD kita, suatu waktu nanti Batam akan dihiasi sejuta pohon Ketapang Kencana. Penanamannya sudah dimulai, tapi acara resminya hari ini. Hari ini yang ditanam pramuka 1.020 pohon. Tidak berhenti di sini, jalan terus sampai terpenuhi satu juta," ujar Rudi. 

Rudi mengharapkan partisipasi dari masyarakat dan pihak swasta untuk dapat membantu dalam menyediakan pohon untuk memenuhi sejuta pohon, karena Pemerintah kota Batam belum sanggup untuk menyediakan secara keseluruhan. 

"Jadi kalau ada Perusahaan atau swasta mau melakukan penghijauan, bisa memilih pohon ketapang, masyarakat juga dapat menanam pohon tersebut di halaman rumah," katanya.

Rudi menjelaskan pohon ini dipilih karena bisa menjadi peneduh. Ketika besar, pohon bersifat kokoh. Akarnya pun tunjang, masuk ke bumi, sehingga tidak merusak bangunan di sekitar.

Daunnya menurut Rudi berukuran kecil-kecil, tidak terlalu banyak menimbulkan sampah. "Bentuk pohonnya pun bagus, seperti cemara. Dan diharapkan bisa menjadi ikon kota Batam nantinya," ujarnya.

"Kita harap ini jadi ikon baru buat Kota Batam. Jadi Batam akan dihiasi pohon ini semua. Hari ini fokus Nagoya, bulan depan pohonnya sudah besar, kita lanjutkan lagi. Kita mulai dari Batam bagian timur, ke Batam Centre, baru Sekupang, Batuaji, Sagulung," kata dia.

Saat ini sudah ada 3.000 pohon yang sudah ditanam di beberapa bagian di kota Batam.

"Saat ini kita sedang upayakan pembibitan di nursery Temiang. Ada 10 ribu bibit. Mudah-mudahan tahun depan bisa tanam lagi. Umur pohon yang ditanam ini rata-rata satu tahun. Untuk capai ukuran besar, butuh sekitar tiga tahun," ujar Herman Rozi, Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Pemukiman, dan Pertamanan pada saat yang sama. ***


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews