Tahun Ini, Pengibaran Bendera Merah Putih Mulai 1 Agustus

Tahun Ini, Pengibaran Bendera Merah Putih Mulai 1 Agustus

Ilustrasi. (foto: ist/net)

BATAMNEWS.CO.ID,Batam - Pemerintah Kota Batam mengimbau warga untuk memasang bendera merah putih menyambut HUT ke-72 Republik Indonesia. Pemasangan bendera dimulai pada tanggal 1 Agustus.

Hal ini sesuai dengan surat edaran dari Kementerian Sekretaris Negara. Pengibaran bendera di rumah, toko dan perkantoran ini dilaksanakan sepanjang bulan Agustus.

"Tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Pengibaran bendera dilakukan 1-31 Agustus. Kalau biasanya hanya 14-18 Agustus," kata Ketua Panitia Peringatan Hari Kemerdekaan RI ke-72 tingkat Kota Batam, Firmansyah, Senin (31/7/2017). 

Ia mengimbau masyarakat untuk mulai mempersiapkan segala kebutuhan. Seperti memeriksa kembali bendera yang ada, serta persiapan untuk tiang pengibarnya.

Imbauan tersebut sudah disebarkan ke kecamatan dan kelurahan, dan pihak RT/RW sudah menyampaikan kepada warga. 

"Hal tersebut sudah ditanggapi dengan positif, sesuai laporan dari kecamatan maupun kelurahan," kata Firman.

Dukungan masyarakat dalam rangka menyemarakkan hari kemerdekaan juga bisa ditunjukkan melalui kegiatan lomba. Berbagai lomba tingkat RT/RW dapat digelar sebagai bentuk partisipasi warga.

"Sesuai dengan tema HUT ke-72 yaitu Kebersamaan," katanya.

Pemko Batam juga telah menyiapkan berbagai agenda guna menyemarakkan perayaan kemerdekaan. Kegiatan seremonial seperti pengukuhan Paskibra, pawai taptu atau pawai obor, renungan suci di Taman Makam Pahlawan, hingga hari puncak tetap dilaksanakan seperti tahun sebelumnya.

Sedikit berbeda, pada hari 17 Agustus tahun ini upacara akan dimeriahkan dengan atraksi dari prajurit TNI. Agenda pemberian remisi di Lapas Klas IIA Barelang tetap berjalan seperti biasa. Kemudian dilanjutkan upacara penurunan bendera dan ditutup malam resepsi kemerdekaan.

"Tahun ini untuk kedua kalinya kita gelar pawai pembangunan. Diadakan di Nagoya tepatnya di depan Graha Sulaiman pada 18 Agustus mulai pukul 14.00 WIB," kata dia.

(ret)