Kabar Bagus! Investor Asing Mulai Kunjungi Batamindo Industrial Park

Kabar Bagus! Investor Asing Mulai Kunjungi Batamindo Industrial Park

Kawasan Batamindo Industrial Park, Batam. (foto: ist.)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam – Sejumlah investor asing mulai mengunjungi Batamindo Industrial Park, Mukakuning, Batam, beberapa bulan terakhir. “Mereka datang untuk feasibility study,” kata Tjaw Hioeng, Manager General and Affair Batamindo Industrial Park, kepada batamnews.co.id, tadi siang.

Menurut Tajw Hioeng yang akrab disapa Ayung mengatakan investor yang berkunjung itu dari beberapa Negara. “Banyak yang datang, mereka investor dari Jepang, Jerman, Singgapura, dan Australia. "Awal bulan Juli ada perusahan Australia berkunjung ke kawasan ini.”

Namun ia belum mau merinci perusahaan asing apa saja yang berminat menanam modal. Ia tak mau mengganggu kenyamanan para calon investor dengan mempublikasinya. “Soalnya, mereka selalu melakukan studi dulu dan kemudian membandingkan dengan kawasan lain atau dengan  Vietnam, Thailand, Malaysia bahkan Myamar dan Philipina," katanya.

Ayung melanjutkan, calon investor itu tidak semata-mata langsung berinvestasi di Batam. Prosesnya paling cepat setahun atau dua tahun. "Kunjungan sekarang 2017 kemungkinan kalau tertarik bisa jadi pada 2018 mereka meneken kontrak,”  ujarnya.

Ia mencontohkan, Black Magic dari Australia yang studi pada 2015 baru mewujudkan invetasi pada 2016. Kini, perusahaan yang memproduksi alat digital itu sudah beroperasi.

Batamindo Industrial Park adalah kawasan industri pertama dan terbesar di Batam. Beroperasi sejak tahun 1990, kawasan industrik ini memiliki lahan seluas 300 hektar. Pada 2000, adalah puncak keemasan Badamindo. Ketika itu, di sini berkibar sekitar 77 perusahaan yang sebagian besar adalah manufacturing.

Di sini, juga terdapat fasilitas yang sangat memadai. Di antaranya dormitory untuk karyawan dari luar Batam, pertokoan, plaza, hingga food center. Selain itu, disediakan juga fasilitas social seperti masjid, gereja, dan pura.

Bahkan kawaasan ini juga dilengkapi fasilitas olahraga berupa lapangan sepak bola, lapangan basket, lapangan voli dan lapangan sepak takraw, terpusat di Sport Centre Commercial Complex. Ada juga BIP Klinik yang beroperasi 24 jam.

Kawasan ini juga ditata dengan cantik. Bisa dijadikan tempat berwisata, seperti berjalan kaki dan berkenderaan. Trotoar cukup nyaman dan bersih diapit pohon-pohon yang rindang dan selalu terpangkas rapi. *** (yes)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews