Serangan London, Tujuh Warga Tewas; Polisi Tembak Mati Tiga Teroris

Serangan London, Tujuh Warga Tewas; Polisi Tembak Mati Tiga Teroris

Mobil van warna putih yang tampak di foto ini diyakini sebagai kendaraan yang digunakan untuk melakukan serangan. (Foto: BBC.com/indonesia)

BATAMNEWS.CO.ID - Dua pekan setelah pemboman bunuh diri di akhir konser Ariana Grande di Manchester, yang menewaskan 22 orang dan melukai puluhan lainnya, Inggris kembali berduka akibat terorisme.

Serangan kali ini terjadi di pusat kota London, subuh tadi. Tujuh orang warga tewas dalam serangan yang dikutuk seluruh dunia ini. Polisi London berhasil menembak mati tiga penyerang. 

Polisi dan ambulans dikerahkan pada pukul 22:08 (Minggu pukul 04:08 WIB) setelah ada laporan tentang sebuah mobil van yang menabraki orang-orang di London Bridge.

Tak lama, para petugas bersenjata dikerahkan ke Borough Market yang tak jauh letaknyam terkait laporan penusukan di daerah yang terkenal dengan restoran dan bar yang ramai itu.

Dinas Ambulans London mengatakan setidaknya 30 orang dibawa ke rumah sakit. Sejumlah orang dirawat di tempat kejadian untuk luka yang kurang serius.

Polisi Transportasi Inggris mengatakan salah satu petugasnya mengalami luka parah setelah ditikam saat dia menangani insiden tersebut namun luka itu tidak mengancam jiwa.

Perdana Menteri Theresa May menyebutnya sebagai 'peristiwa mengerikan' dan akan memimpin sebuah rapat komite darurat Cobra pemerintah hari ini.

Menteri dalam Negeri Amber Rudd mengatakan serangan tersebut 'diarahkan pada orang-orang yang menikmati malam mereka bersama sanak dan keluarga.'

Walikota London Sadiq Khan mengatakan: "Kami belum mengetahui rincian lengkap kejadian ini, tapi ini adalah serangan yang pengecut dan disengaja menyasar warga biasa

London dan wisatawan yang datang ke kota kami untuk menikmati Sabtu malam mereka. Saya mengutuknya sekeras-kerasnya."

Saksi mata mengatakan kepada wartawan BBC Tom Symonds, mereka melihat sejumlah orang keluar dari van penyerang setelah menabrak orang-orang di jembatan dan berlari menuju Pasar Borough atau Borough Market. Kemudian terdengar suara tembakan di daerah tersebut.

Asisten Komisaris Polisi London Mark Rowley mengatakan: "Para tersangka telah dihadapi dan ditembak oleh polisi dalam waktu delapan menit setelah telepon pertama." Diyakini dalam serangan itu terlibat tiga orang pelaku. ***

Baca selengkapnya di BBC.com/indonesia


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews