Jokowi Puji Pertumbuhan Ekonomi Bengkulu, Kepri?

Presiden RI Joko Widodo (foto : ist/net)

BATAMNEWS.CO.ID - Presiden Joko Widodo (Jokowi) puji pertumbuhan ekonomi Provinsi Bengkulu sebesar 5,21 persen atau berada di atas pertumbuhan ekonomi nasional. Kata Jokowi, geliat ekonomi Bengkulu pada kuartal I ini layak jadi contoh daerah lain.

“Artinya ini sangat baik,” kata Presiden Jokowi saat memberikan pengantar pada Rapat Terbatas Evaluasi Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional dan Program Prioritas Provinsi Bengkulu, di Kantor Presiden, Jakarta dilansir Seskab.go.id, Rabu (31/5) siang.

Jokowi juga meminta agar pertumbuhan ekonomi yang semakin tinggi itu bisa berdampak langsung pada penurunan angka kemiskinan di Bengkulu yang saat ini masih cukup tinggi, yakni sebesar 17,03 persen.

Selain itu, perhatian juga harus diberikan pada aspek pemerataan pembangunan, baik menyangkut pemerataan pembangunan antar wilayah, maupun pemerataan pembangunan.

Untuk itu, menurut Jokowi, pertumbuhan ekonomi seharusnya difokuskan untuk semakin menekan tingkat kesenjangan sosial di Bengkulu.

“Saya yakin ke depannya perekonomian di Bengkulu akan bisa bergerak lebih cepat lagi, tumbuh lebih tinggi, jika kita mampu mengatasi masalah konektivitas,” ujar Presiden Jokowi.  

Untuk wilayah Sumatera, pertumbuhan ekonomi yang terjun bebas yakni Provinsi Kepri. Tercatat pada kuartal I, pertumbuhan ekonomi di Kepri hanya 2,02 persen. Terendah di Sumatera dan terendah kedua di Indonesia.

"Kalau di Sumatera pertumbuhan ekonomi Kepri terendah," kata Sekda Tanjungpinang, Riono dilansir antarakepri.com, Rabu (31/5/2017).  

Akibat lesunya perekonomian di Kepri, tingkat pengangguran pun meningkat. Presiden Jokowi belum lama ini juga menyinggung persentase pengangguran di Kepri cukup tinggi.

“Saya melihat presentasi pengangguran terbuka di Kepri masih tinggi yakni 7,69 persen. Saya yakin dengan kerja lebih fokus, maka ekonomi di Kepri akan lebih bergerak cepat serta membuka lapangan kerja lebih banyak lagi," kata Jokowi saat Rapat Terbatas bersama Gubernur Kepri Nurdin Basirun di Jakarta belum lama ini.

“Kita harus konsentrasi mengembangkan setiap gugus pulau yang besar yang ada di Kepri, seperti Anambas, Natuna, Lingga, Karimun, Bintan, Batam, Tanjungpinang sebagai sentra-sentra industri baru dan di bidang pariwisata sesuai dengan potensi wilayah,” kata Jokowi.***

(isk)