Menarik Disimak, Misteri Suku Mante Menurut Sejarawan dan Antropolog

Menarik Disimak, Misteri Suku Mante Menurut Sejarawan dan Antropolog

Ilustrasi suku primitif (foto : istimewa)

BATAMNEWS.CO.ID - Indonesia adalah negara yang dikenal sebagai negara dengan jumlah pulau terbanyak di dunia. Oleh karena itu jugalah Indonesia memiliki banyak bahasa daerah, budaya, adat dari banyaknya suku-suku yang tersebar di banyak pulau antara Sabang hingga Merauke.

Jika ada yang bertanya total ada berapa banyak suku yang ada di Indonesia? Jawabannya adalah ribuan! Sebut saja beberapa suku yang tersebar di Pulau Jawa. Ada Suku Sunda, Suku Betawi, Suku Osing, Suku Jawa dan masih banyak lagi lainnya.

Itu sebagian yang ada di Jawa, belum pulau-pulau lainnya. Dengan adanya ribuan suku yang ada, sudah barang pasti ada beberapa diantaranya yang kurang banyak diketahui oleh masyarakat luas. Misalnya ialah Suku Mante yang ada di Aceh.

Beberapa waktu lalu nama Suku Mante mendadak menjadi viral di internet setelah beredar video yang diduga merupakan anggota Suku Mante yang tengah berlari di tengah hutan.

Video tersebut berhasil direkam oleh seorang anggota klub motor yang memang tengah menjelajahi hutan tersebut menggunakan sepeda motor dengan teman-temannya.

Suku Mante Termasuk Suku Awal yang Mendiami Aceh

Menurut sejarah, Suku Mante adalah salah satu suku awal yang mendiami wilayah Aceh. Namanya sendiri dieja dengan Mantir dan bagi masyarakat Aceh sendiri sudah terkenal melalui legenda-legenda rakyat yang beredar di wilayah tersebut. 

Di Aceh sendiri memang terdapat beberapa suku asli terutama yang tinggal di hutan hanya saja memang diduga sudah mengalami kepunahan. Diantaranya adalah Suku Sakai, Suku Lanun, Suku Semang dan Suku Jakun. Bersamaan dengan suku-suku tadi, Suku Mante merupakan cikal bakal pembentuk Suku Aceh yang saat mendiami sebagian besar wilayah Aceh.

Diperkirakan bahwa Suku Mante dan suku-suku asli lainnya menjalani migrasi ke Aceh dengan melalui Semenanjung Melayu. Suku yang disebut-sebut termasuk dalam kategori rumpun bangsa Melayu Proto ini juga dikenal sebagai suku yang memilih hidup di hutan.

Baca selengkapnya...


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews