P Ramlee; Apresiasi Google Doodle untuk Legenda Malaysia

P Ramlee; Apresiasi Google Doodle untuk Legenda Malaysia

BATAMNEWS.CO.ID, Petaling Jaya - Google memberi apresiasi khusus untuk seniman besar dari Malaysia, almarhum Tan Sri P Ramlee. Tribute untuk aktor dan penyanyi keturunan Aceh itu diberikan melalui Doodle pada 22 Maret kemarin.

Doodle memberikan cara terbaik agar publik selalu mengingat sosok ini. Di Google Doodle, P Ramlee digambarkan berkumis tipis mengenakan stelan kotak-kotak, kepalanya miring sedikit ke samping. 

Dalam Doodle, ikon Penang ini tampak memegang naskah film dengan tangan kiri dan megafon di kanannya. Satu gitar tersandar di kursi sutradara yang didudukinya. 

Google Doodle memang menyiapkan sebuah logo khusus dan ditempakan di hompage mesin pencari terbesar di dunia itu untuk di merayakan hari libur, acara, prestasi, dan tokoh-tokoh ternama seperti P Ramle itu. 

P Ramlee memang sosok yang telah merebut hati banyak orang, ia meninggalkan jejak yang tak terhapuskan pada sejarah budaya Malaysia.

Dia adalah seorang aktor yang produktif, sutradara, penulis dan musisi yang berkontribusi lebih dari 60 film seperti Bujang Lapok dan Ibu Mertua Ku. Sebanyak 250 lagu sudah diciptakannya. Lagu-lagunya tak hanya terkenal di Malaysia bahkan hingga ke seluruh pelosok Indonesia. 

P. Ramlee adalah penerima berbagai penghargaan di Festival Film Asia, seperti Best Male Actor (Anakku Sazali, 1957), Komedi Terbaik (Madu Tiga, 1964; Nujum Pak Belalang, 1960; Pendekar Bujang Lapok, 1959) dan Best Musical skor (Hang Tuah, 1956).

Dia meninggal karena serangan jantung pada usia 44  tahun dan dimakamkan di Jalan Ampang Muslim Cemetery di Kuala Lumpur.

Setelah ia meninggal pada 1973, warisannya terus hidup. Ia dihormati dengan berbagai penghargaan, seperti anumerta, penamaan bangunan, ruang, dan museum. ***

Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews