Inilah Tempat Berlibur yang Tak Biasa

Inilah Tempat Berlibur yang Tak Biasa

Mengisi liburan dengan berjalan-jalan di tepi pantai sambil memandang matahari terbenam? Ah rasanya seperti sebuah cerita romantis yang membosankan. Memandang rembulan bersama pacar, dan berhayal tentang indahnya cinta dan hidup yang bahagia? Hm.. ini cerita lama dalam roman-roman picisan. 

Jika jawaban seperti itu yang menghiasi benak anda, maka sudah jelas tempat-tempat liburan konvensional menjadi sangat membosankan. Anda membutuhkan tempat-tampat menantang yang bahkan hampir-hampir tak mungkin untuk mengunjunginya. Live Sience telah memilih tujuh lokasi yang tak biasa untuk perjalanan anda yang mampu mengaduk-aduk imajinasi.

Kilauea, Hawaii

Gunung Kilauea Hawaii ini telah meletus terus menerus sejak 1983. Suhu rata-rata dari lava basaltik adalah 2.200 derajat Fahrenheit (1.250 derajat Celsius). "Energi yang dilepaskan untuk seluruh letusan sejak tahun 1983 bisa menyalakan 1,6 juta bola lampu 60 watt," kata Jessica Ball, postdoctoral fellow, U.S. Geological Survey (USGS), yang mempelajari gunung merapi.

West Mata volcano

Tercatat bahwa suhu lava terpanas ternyata ada pada  gunung api bawah laut di Samudera Pasifik. Berada sekitar 1,2 kilometer di bawah air.  Gunung West Mata dekat Fiji, Tonga dan Samoa. Pada November 2008, gunung merapi ini memuntahkan boninite, lava yang kaya magnesium ditemukan di zona subduksi. Suhu lava boninite mencapai 2.444 F (1.300 C).

Two Boats

Ventilasi hidrotermal mungkin berada dalam air, tetapi panasnya sangat menyengat.  Itu karena aktivitas gunung berapi di pegunungan di tengah laut yang dapat membuat cairan panas dalam kerak samudera, yang kemudian menjadi asap hitam di dasar laut. Ventilasi ini dikenal sebagai Two Boats dan Sisters Peak.

Ventilasi itu memancarkan air yang sangat panas, disebabkan persilangan antara cairan dan uap. Menurut sebuah studi tahun 2008 yang diterbitkan  jurnal Geology, suhunya maksimumnya mencapai 835 F (464 C). Tak heran jika peneliti menyebutkan ventilasi itu sebagai tempat air terpanas yang ada di muka bumi ini.

 

Gurun Lut

Ingin bepergian ke suatu tempat super panas yang ada di lahan kering? Datang saja ke Gurun Lut di Iran. Sebuah studi di Buletin American Meteorological Society 2011, menyebutkan Gurun Lut memiliki suhu permukaan tertinggi di dunia seama periode tujuh tahun, yaitu dari 2003-2009. Pengukuran suhu tertinggi terjadi pada 2005, dengan suhu 159,3 F (70,7 C).

 

Voodoo

Memang Voodoo bukanlah tempat terpanas, tetapi inilah surga bagi makhluk laut yang jumlahnya tak terhitung.
"Bayangkan sebuah padang pasir di dalam laut yang luas, di mana tidak ada cukup makanan atau energi untuk bertahan hidup. Dingin dan tidak ramah," kata David Butterfield, seorang ilmuwan penelitian utama oseanografi di the Joint Institute for the Study of the Atmosphere and Ocean, sebuah kolaborasi antara the National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA). "Di tengah-tengah padang pasir itu, ada oasis yang sangat menakjubkan."

Salah satu oasis ini disebut Voodoo - berbentuk seperti donat dari Portland, Oregon Voodoo Doughnuts yang terkenal. "Tempat ventilasi ini adalah bak pesta panas bagi hewan hidrotermal yang bertumpuk-tumpuk  satu sama lain," kata Butterfield. Perairan di lubang ini bisa naik ke 225 F (125 C).

Inti Bumi

Bayangkanlah sebuah tempat yang panasnya mencapai 10.800 F (6.000 C) inti besi. Itu menurut sebuah studi dalam jurnal Science 2013. Inilah dia pusat bumi.

Apakah mungkin menjelajah ke sini? Bukankah tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini?

 

 

 

Tambang Terpanas

Pada 2,5 mil (4 km) di bawah tanah, Mponeng adalah tambang emas terdalam di dunia. Tambang Afrika Selatan bisa mencapai suhu 140 F (77 C). Untuk memerangi panas, ke tempat itu diguyurkan lumpur es asin untuk menurunkan suhu sekitar 85 F (47 C). ***

 

Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews