Kekasih Siti Aisyah Juga Ditangkap, 4 Pria Buron

Kekasih Siti Aisyah Juga Ditangkap, 4 Pria Buron

Perkiraan kronologi tewasnya Kim Jong-nam di Bandara Kuala Lumpur, Malaysia. (foto: ist/net)

BATAMNEWS.CO.ID, Kuala Lumpur - Seorang pria Malaysia telah ditangkap kepolisian Malaysia terkait pembunuhan Kim Jong-nam, kakak tiri pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un. Pria itu disebut sebagai kekasih Siti Aisyah, wanita berpaspor Indonesia yang ditangkap terkait kematian Kim Jong-nam.

Seorang pejabat senior kepolisian Malaysia mengatakan seperti dikutip media Channel News Asia, Kamis (16/2/2017), kekasih Aisyah tersebut ditangkap pagi tadi waktu setempat. Tidak disebutkan identitas pria berkewarganegaraan Malaysia tersebut.

Kim Jong-nam dilaporkan dibunuh oleh dua wanita yang menyergapnya dari belakang dan meracuninya di Bandara Internasional Kuala Lumpur, Malaysia pada Senin, 13 Februari 2017 lalu.

Siti Aisyah asal Serang dengan tanggal kelahiran 11 Februari 1992. Dia ditangkap pada Kamis (16/2/2017) dini hari waktu setempat.

Sebelumnya pada Rabu (15/2) pagi waktu setempat, seorang wanita juga ditangkap di Bandara Internasional Kuala Lumpur (KLIA) saat akan terbang menuju Vietnam. Wanita itu kedapatan membawa paspor asal Vietnam dengan nama Doan Thi Huong yang lahir di Nam Dinh, Vietnam pada Mei 1988. Tidak diketahui pasti keaslian dokumen itu.

Kepolisian Malaysia mengatakan, mereka saat ini tengah memburu sejumlah warga asing lainnya terkait pembunuhan tersebut. "Kami sedang mencari tersangka-tersangka lainnya," ujar kepala kepolisian negara bagian Selangor kepada media AFP.

Satu dari dua wanita yang ditangkap terkait pembunuhan Kim Jong Nam mengaku tidak tahu tindakan yang dilakukannya sangat mematikan. Menurut pengakuan wanita berpaspor Vietnam itu, dia kira itu hanya bercanda.

Sumber kepolisian Malaysia seperti dikutip beberapa media, salah satunya Telegraph, mengatakan Doan dan Siti terekam kamera CCTV bersama empat orang pria Korea Utara di Bandara Internasional Kuala Lumpur. Doan mengaku diminta oleh para pria Korut itu untuk menyemprotkan cairan ke wajah Kim Jong Nam sebagai lelucon.

"Salah satu wanita diminta membekap sapu tangan di wajah korban setelah cairan disemprotkan oleh wanita lainnya. Dia membekapnya selama 10 detik. Dia pikir itu hanya bercanda," ujar polisi.

Belum diketahui kebenaran dari pengakuannya tersebut.

Doan mengaku bepergian bersama Siti dan keempat pria Korut itu sebagai turis di Malaysia. Setelah menyemprotkan cairan itu, Siti dan Doan naik taksi meninggalkan bandara tersebut. Sementara keempat pria Korut pergi ke hotel di Salak Tinggi.

[ind/bbs]


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews