Pilgub DKI Dua Putaran, Jusuf Kalla Prediksikan Siapa Pemenang

Pilgub DKI Dua Putaran, Jusuf Kalla Prediksikan Siapa Pemenang

Wapres Jusuf Kalla. (foto: istimewa)

BATAMNEWS.CO.ID, Jakarta – Penghitungan cepat sejumlah lembaga survei menunjukkan Basuki Tjahaja Purnama dan Anies Baswedan akan maju pada putaran kedua pilkada DKI Jakarta. Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) memberikan prediksi siapa yang akan menang di putaran kedua.

JK mengatakan pemenang dalam perebutan kursi gubernur bergantung pada suara pendukung Agus Harimurti Yudhoyono.

”Tahap kedua tergantung suara Agus ke mana? Suara yang sekarang ini 18-20 persen itu ke mana? Itu yang menentukan,” kata Kalla di rumah dinas Wakil Presiden di Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta, Rabu (15/2/2017).

Menurut Kalla, pertimbangan personal calon akan sangat menentukan suara pemilih. Pertimbangan personal ini, misalnya, soal rekam jejak, prestasi, dan lainnya. Dukungan suara tidak akan dipengaruhi koalisi partai yang akan terbentuk pada putaran kedua.

“Pilkada ini peran partai tidak besar, personal, peran orang, karena partai itu lebih banyak kepada dukungan pertama. Tapi, begitu dia sudah di dalam kampanyenya, itu sangat personal,” kata Kalla.

Faktor suara pendukung Agus inilah, ujar Kalla, yang akan menentukan pemenang dalam pemilihan gubernur di putaran kedua. Sementara suara pendukung Ahok dan Anies pada putaran pertama, kata Kalla, bisa dipastikan tidak akan berubah. Pemilih Ahok di putaran pertama dipastikan akan memilih Ahok di putaran kedua. Demikian juga dengan pemilih Anies.

Seperti diketahui, sejumlah lembaga survei menunjukkan bahwa pasangan Ahok-Djarot dan Anies-Sandi memperoleh suara sekitar 40 persen. Sementara dukungan suara pasangan Agus-Sylvi sekitar 16-18 persen.

(ind/bbs)

 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews