BPJS Kesehatan Luncurkan Aplikasi Mobile Screening, Ini Manfaatnya

BPJS Kesehatan Luncurkan Aplikasi Mobile Screening, Ini Manfaatnya

Seorang peserta sosialisasi sedang mencoba menggunakan aplikasi BPJS Kesehatan. (foto: ret/batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID,Batam - BPJS Kesehatan meluncurkan aplikasi fitur Mobile Screening untuk mempermudah kepesertaan dalam melihat riwayat kesehatan secara online handphone masing-masing. Peluncuran aplikasi ini dilkukan secara serentak seluruh Indonesia.

"Saat ini skrining riwayat penyakit bisa dilihat secara online, jika sebelumnya peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) hanya dapat melakukan manual di Kantor Cabang BPJS Kesehatan atau fasilitas kesehatan, maka sekarang mereka bisa melihat potensi resiko kesehatannya cukup dengan melakukan skrining pada aplikasi BPJS kesehatan mobile yang bisa diakses di handphone," ujar Tavip Hermansyah, Kepala BPJS Kesehatan Batam saat acara peluncuran aplikasi tersebut di Hotel Nagoya Plasa, Batam, Rabu (1/2/2017).

Saat ini, aplikasi Mobile Screening sudah dapat diunduh di playstore android, dengan menggunakan akun email dan nomor kepesertaan JKN-KIS. Setelah registrasi, aplikasi akan memberitahuan untuk segera mengisi data, dan diarahkan mengisi kuisioner.

"Nanti kita bisa pilih-pilih fitur yang ada di dalam aplikasi, kita bisa cek kepesertaan, bisa juga cek iuran dan cek fasilitas kesehatan, kemudian juga nantinya kita akan disuruh mengisi kuisioner yang terdiri dari 47 pertanyaaan dimana nantinya akan hasil dari kuisioner itu bisa terlihat riwayat kesetahan pada saat itu juga," kata Tavip.

Tavip juga menambahkan aplikasi Mobile Screening BPJS Kesehatan dapat memberikan saran setelah melihat riwayat kesehatan yang telah keluar.

"Ada 3 poin dalam hasil skrining riwayat kesehatan, resiko tinggi, sedang dan rendah, lalu oleh aplikasi akan diarahkan penanggulangan untuk riwayat kesehatan yang telah keluar setelah mengisi kuisioner," kata Tavip.

Saat ini, aplikasi hanya bisa diunduh di aplikasi playstore Android, untuk iOS belum tersedia.

(ret)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews