Kapal Tenggelam di Malaysia Diduga TKI Ilegal dari Batam

Kapal Tenggelam di Malaysia Diduga TKI Ilegal dari Batam

Speed boat fiber yang diduga karam membawa puluhan TKI ilegal dari Batam (Foto: Batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Tanjungpinang - Kapal bermuatan tenaga kerja Indonesia diduga karam di perairan Malaysia di perairan pantai Tanjung Leman Mersing Johor Malaysia, Senin (23/01). Sembilan orang ditemukan tewas tenggelam.

Saat ini Pangkalan Utama Angkatan Laut IV (Lantamal IV) Tanjungpinang menerjunkan tim Western Fleet Quick Response (WFQR) tengah melacak peristiwa tersebut. 
 
Komandan Lantamal IV Laksamana Pertama TNI S. Irawan, S.E., mengatakan, ruang kendali utama (RKU) WFQR Lantamal IV Tanjungpinang menerima informasi dari ILO Malaysia tentang kejadian kapal tenggelam di perairan teritorial Malaysia, diduga perahu tersebut membawa TKI ilegal yang berangkat dari Tanjung Bemban Batam menuju ke Malaysia.
 
“Berita mengenai tenggelamnya kapal pengangkut TKI illegal tersebut diterima oleh MRSC Johor sekitar jam 09.15 waktu setempat, dimana DM7 Tanjung Sadeli menginformasikan bahwa mereka telah menerima laporan dari masyarakat setempat tentang adanya sebuah perahu yang karam dan menemukan 9 mayat (2 laki-laki dan 7 perempuan) yang terdampar di pantai perairan Tanjung Leman Mersing Johor  atau + 90 Km dari Johor Baru Malaysia,” ujar Danlantamal IV.
 
“SAR telah dilakukan oleh pihak berwenang Malaysia  dengan mengerahkan kapal Penggalang 43 dan Pengawal 43. Mengingat tempat kejadian berada di perairan teritorial Malaysia, kita tidak bisa terjun langsung ke lokasi. Namun sampai dengan saat ini RKU WFQR Lantamal IV terus melaksanakan koordinasi dan pengumpulan data serta informasi mengenai perkembangan kejadian tersebut,” tegas Danlantamal IV.
 
Lebih lanjut Danlantamal IV mengatakan bahwa saat ini merupakan musim angin utara dimana gelombang laut cukup tinggi disertai dengan hembusan angina yang cukup kencang, untuk itu dihimbau kepada para pengguna transportasi laut agar memperhatikan factor cuana dan melengkapi sarana keselamatan guna meminimalisir terjadinya kecelakaan di laut.

 

[snw]


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews