Asman Abnur: Reformasi Birokrasi Harus Disertai Bukti

Asman Abnur: Reformasi Birokrasi Harus Disertai Bukti

Kapolri Jenderal Tito Karnavian didampingi Menpan RB Asman Abnur di sela-sela peresmian Polda Kepri jadi Tipe A. (foto: isk/batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN RB), Asman Abnur meminta Reformasi Birokrasi di seluruh wilayah Indonesia jangan hanya sebatas judul.

"Saya konsentrasi pada reformasi birokrasi, hal ini jangan hanya menjadi judul. Harus disertai dengan bukti," ujar MenPAN-RB, Asman Abnur didampingi Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian, Kadiv Humas Mabes Polri Boy Rafli dan Kapolda Kepri Irjen Pol Sam Budigusdian usai menghadiri upacara pengukuhan Polda Kepri naik Tipe A, Jumat (20/1/2017).

Kata Asman, saat ini dirinya tengah melakukan peningkatan kelembagaan pemerintah di setiap daerah tentang reformasi birokrasi ini. "Untuk ini, Polri sudah membuktikan, kita sudah lakukan penilaian setahun lalu. Dengan peningkatan birokrasi dari B menjadi BB," kata Asman.

Kemudian yang kedua, kata Asman, dengan membentuk zona di setiap institusi dan lembaga pemerintahan.

"Zona ini berkaitan dengan wilayah bebas korupsi. Saya patut berikan apresiasi, hal ini dibuktikan Polri dengan terpilihnya tiga polres zona bebas korupsi. Ini tidak pernah terjadi selama masa orde baru," ujar Asman.

Selain reformasi birokrasi, sambungnya, yang berkaitan dengan pelayanan langsung terhadap masyarakat. "Pak Presiden menyampaikan jangan dipersulit rakyat," kata dia.

Asman menambahkan, beberapa waktu lalu dirinya bersama Kapolri meluncurkan pelayanan berbasis digital.

"Saya dan pak Kapolri sudah meluncurkan yang namanya e-Tilang, e-Samsat, dan SKCK keliling. Semua berbasis digital. Jadi, tidak ada lagi rakyat dipersulit," kata Asman menambahkan.

(isk)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews