Kasal Resmikan 3 Kapal Patroli Canggih Buatan Dalam Negeri di Batam

Kasal Resmikan 3 Kapal Patroli Canggih Buatan Dalam Negeri di Batam

Kasal saat meresmikan KRI Tatihu-853, KRI Layaran-854 dan KRU Madidihang-855 di Pelabuhan Batuampar, Batam. (foto: jim/batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi meresmikan dan mengukuhkan tiga Kapal Patroli cepat 40 M produksi dalam negeri Selasa (10/1/2017) di Dermaga Batuampar Batam.

Tiga kapal patroli yang terdiri KRI Tatihu-853, KRI Layaran-854 dan KRU Madidihang-855 yang diproduksi PT Palindo Marine Shypyard Batam tersebut akan diproyeksikan untuk memperkuat satuan kapal patroli (Satrol) TNI AL.

Ketiga kapal tersebut dilengkapi dengan persenjataan dengan senapan mesin kaliber 12,7 mm dan akan dipasang meriam kaliber 20 mm. Kapal berteknologi terbaru itu memiliki panjang keseluruhan 45,5 meter, lebar 7,9 meter dengan kecepatan maksimal 24 knot dengan kapasitas bahan bakar 70.000 liter dan endurance selama 6 hari.

KRI Tatihu-853, KRI Layaran-854 dan KRU Madidihang-855 merupakan hasil produksi dalam negeri yang dipercayai sebagai sebuah bukti bahwa industri pertahanan memiliki kemampuan untuk mendukung program pemerintah sekaligus membangun kemandirian nasional bidang teknologi pengembangan alutsista TNI.

Ketiga kapal ini mampu melaksanakan peperangan anti kapal permukaan, peperangan anti udara, operasi patroli laut dan operasi SAR.

Untuk pemberian nama kapal tersebut, Tatihu, Layaran dan Madidihang diambil dari nama-nama ikan yang ada di Indonesia. Dan ketiga jenis ikan itu dikenal sebagai perenang cepat dan gesit di laut sehingga mampu bermanuver dalam mengemban tugas menjaga kedaulatan negara.

"Kami berharap kapal dan awak ketiga KRI yang telah diresmikan ini bisa beroperasi menjalankan tugasnya sesuai dengan nama-namanya yakni KRI Tatihu, KRI Layaran, dan KRI Madidihang yang merupakan ikan-ikan pemburu dengan kecepatan tinggi. Semoga dengan bertambahnya kapal KRI ini bisa semakin amannya perairan kita," ujarnya.

Tiga unit KRI patroli cepat ini bermesin penggerak MTU/2480 HP dan masing-masing kapal diawaki 36 orang kru dari satuan Angkatan Laut. Kapal dilengkapi persenjataan canggih dan modern. Nantinya kapal bermaterial aluminium ini bertugas di perairan Indonesia khususnya wilayah timur.

Gubernur Kepulauan Riau Nurdin Basirun hadir sekaligus menyaksikan pelantikan Komandan Angkatan Laut secara resmi.

(jim)

 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews