Kapal Navigasi Andara Milik Ditjen Perhubungan Laut Terbakar di Bintan

Kapal Navigasi Andara Milik Ditjen Perhubungan Laut Terbakar di Bintan

Petugas tengah berupaya memadamkan api di kapal Andara GT.578 No.554/Ga di dermaga Direktorat Jendral Perhubungan Laut, Distrik Navigasi Kelas I Tanjungpinang, Jalan Sei Walang Kijang, Bintan (Foto: Batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Tanjungpinang - Kapal Negara (KN) Andara GT.578 No.554/Ga yang tengah bersandar di dermaga Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Distrik Navigasi Kelas I Tanjungpinang, Jalan Sei Walang Kijang, Bintan, terbakar, Senin (9/1/2017) sekira pukul 10.00 WIB.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Jumlah kerugian juga belum dapat dipastikan. Saat ini api telah berhasil dipadamkan.

"Kapal dalam kondisi standby usai melaksanakan tugas pengamatan laut beberapa waktu lalu, kita ketahui asap sudah mengepul, diperkirakan diduga api berasal dari arus pendek," ujar Kordinator Humas Distrik Navigasi Kelas I Tanjungpinang Hadjar, M saat dijumpai di lokasi, Selasa (10/1/2017).

Hadjar mengatakan, saat kejadian seluruh ABK Kapal tidak berada di kapal. Kemudian Petugas Navigasi Kelas I Tanjungpinanag bersama satu unit Pemadam Kebakaran Bintan, berupaya memadamkan api.

"Aksi pertama kita itu, cek personil tidak ada rekan rekan di dalam, aliran minyak dimatikan, mencari titik api yang diduga konsleting dan kita lihat api berasal dari kamar ABK, dari Striker listrik, asap mngepul cukup gelap, kita padamkan dengan CO2 dan bumper," katanya.

Kapal jenis Bouy Tender berkapasitas muatan 500 Ton tersebut diketahui dipergunakan untuk menyuplai logistik, perbekalan makanan para penjaga mercusuar di wilayah Kepri.

Saat ini, kapal masih bersandar di pelabuhan Navigasi Sei Walang, Kijang, Bintan. Kapal tengah dalam penyelidikan.

"Penyebab faktor teknis masih dalam penyelidikan, saat ini menunggu tim dari Kementerian Perhubungan, dalam waktu dekat akan menyelidiki penyebab terbakarnya KN Andara," jelas Hadjar.

Untuk menggantikan tugas KN Andara, Direktorat Jendral Perhubungan Laut, Distrik Navigasi Kelas I Tanjungpinang menugaskan KN Jadayat dalam tugasnya.


[aji]


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews