Imigrasi Batam Berencana Pindahkan Imigran Taman Aspirasi

Imigrasi Batam Berencana Pindahkan Imigran Taman Aspirasi

Imigran di Taman Aspirasi beberapa waktu lalu. Sejauh ini masih ada imigran yang berdiam di sana (Foto: Batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Para imigran dan pencari suaka asal Timur Tengah yang bermukim di Taman Aspirasi Jalan Engku Putri Batam Centre, Batam, akan segera dipindahkan.

Kantor Imigrasi Kelas I Batam akan bekerja sama dengan Kodim 0316 Batam dan Polresta Barelang meminta bantuan untuk memindahkan ratusan pencari suaka yang bermukim di Taman Aspirasi.

"Kami akan meminta bantuan Kodim 0316 dan Polresta Barelang untuk memindahkan para pencari suaka,” ujar Kepala Imigrasi Kelas I Batam Teguh Prayitno dalam Rapat Dengar Pendapat Komisi I DPRD Batam pada, Selasa (25/10/2016) .

Teguh menuturkan, saat ini imigrasi sudah menyiapkan mekanisme dan tinggal menunggu waktu untuk memindahkan.

Sementara itu Kantor Dinas Sosial Kota Batam mengatakan, saat ini tidak memiliki anggaran untuk menangani masalah imigran, namun dinas sosial siap membantu untuk melaksanakan pemindahan para imigran.

"Saat ini tidak memiliki anggaran untuk menangani masalah imigran, namun Dinas Sosial siap membantu untuk melaksanakan pemindahan para imigran," ujar Kabid Dinsos Nor Arifin dalam Rapat Dengar Pendapat di DPRD Batam Jalan Engku Putri Batam Centre, Selasa(25/10/2016).

Nor Arifin menambahkan, anggaran itu tidak ada di dalam APBD dan inilah permasalahan yang dihadapi.

Hal senada juga disampaikan oleh Kepala International Organization for Migran (IOM) Batam, penanganan para pengungsi tidak bisa diselesaikan sendiri namun perlu kerja sama.

"IOM tidak memiliki banyak hal dalam segi pendanaan maupun dalam penanganannya, namun apa yang selama ini terus berkoordinasi dengan Kantor Imigrasi Kelas I Batam," ujar  Binsar Sihotang Kepala IOM Batam.

"IOM tak mampu tanpa koordinasi," ujar dia.

 

[jim]


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews