Pengguna Internet di Indonesia 2016 Meningkat Tajam, Ini Datanya

Pengguna Internet di Indonesia 2016 Meningkat Tajam, Ini Datanya

Ilustrasi internet. (foto: ist/net)

BATAMNEWS.CO.ID, Jakarta - Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) membeberkan hasil survei industri internet di Indonesia. Berdasarkan hasil survei internet APJII 2016, total pengguna internet Indonesia saat ini mencapai 132,7 juta pengguna.

Angka ini meningkat bila dibandingkan hasil survei 2014 yang hanya mencapai 88 juta. Angka ini sudah melampaui setengah total penduduk Indoneia yang mencapai 256,5 juta (51,8%).

"Dari total pengguna internet yang ada, mayoritas diakses melalui perangkat mobile. Bahkan kalau di presentase bisa sampai 70 persen," ujar Ketua Umum APJII, Jamalul Izza, saat pemaparan Survei Internet APJII 2016, di Jakarta, Senin (24/10/2016).

Hasil survei ini juga memaparkan penetrasi internet berdasarkan klasifikasi geografis, umur, dan pekerjaan. Misalnya berdasarkan geografis, Pulau Jawa masih mendominasi penetrasi internet di Indonesia.

Berdasarkan umur, segmen umur 10-14 tahun mencatat penetrasi internet 100%. Kemudian berdasarkan pekerjaan, mahasiswa tercatat sebagai pengguna tertinggi, disusul karyawan swasta dan pekerja kesehatan.

"Penggunaan internet masih didominasi oleh media sosial dan hiburan, setelah orang cari berita. Dalam hal ini Facebook menjadi konten yang paling sering diakses setelah Instagram dan Youtube," tandasnya.

APJII sendiri saat ini menjadi asosiasi yang mewadahi lebih dari 1.000 anggota di Indonesia.

(ind/bbs)

 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews