Diresmikan Jokowi, Pengoperasian Bandara Ranai Meleset

Diresmikan Jokowi, Pengoperasian Bandara Ranai Meleset

Sejumlah pesawat tempur milik TNI berjejer di Bandara Ranai Natuna saat kedatangan Presiden Jokowi (Foto: Batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Natuna - Pengoperasian Terminal Sipil (Enclave Sipil) Bandara Ranai melenceng dari target. Awalnya operasional perdana dijadwalkan dilakukan bertepatan HUT ke-17 Kabupaten Natuna pada 12 Oktober ini.

Terminal Sipil yang sudah diresmikan Jokowi baru-baru ini memang masih akan melewati tahapan-tahapan proses. Kepala Dinas Perhungan Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) Kabupaten Natuna, Wan Siswandi mengatakan pihaknya sedang membahas hal ini dengan pihak Kemenhub.

"Iya masih belum, ini saya mau bertemu dengan Ditjen Perhubungan Udara hari ini. Ada rapat soal ini," kata Wan Sis, Rabu (12/10/2016).

Nada kecewa juga terlontar dari Bupati Natuna, Hamid Rizal. "Rencananya memang dijadwalkan pas HUT Natuna, tapi masih ada tahapan. Mudah-mudahan Oktober ini juga bisa beroperasi," kata Hamid, dijumpai usai Paripurna di Gedung Dewan.

Diberitakan sebelumnya, Dirjen Bandar Udara, Kemenhub, Yudhi Sari Sitompul mengakui pihaknya sedang melakukan beberapa persiapan. Mulai dari penyiapan personel satuan pelayanan bandara, hingga kelengkapan peralatan operasional penumpang.

Dalam kata lain, secara fisik sudah diresmikan, namun operasional enclave sipil yang berada di kawasan Pangkalan Udara TNI AU ini masih saja dalam proses.

"Verifikasi, penyerahan aset dari Pemda ke Kemenhub udah tanggal 5 Oktober kemaren, kita akan menunjuk orang-orang di satuan pelayanan kebandaraan yang qualified dari dirjen," kata Yudhi.

Semua yang harus dilengkapi itu termasuk untuk pengadaan seat hingga alokasi tempat untuk tiap-tiap maskapai di check-in counter. Selain itu persiapan sistem operasi x-ray dan sebagainya. Ada beberapa tenaga dari dinas perhubungan yang dididik beberapa bulan lalu

"Kita prepare sistem dulu. SDM-nya juga sudah disiapkan termasuk yang dari pusat, terakhir dibentuk Unit Penyelenggara Pelabuhan, baru dinaikkan kelas bandaranya," kata Yudhi.

Terkait kepastian kapan akan dioperasikan, Yudhi menjawab secara diplomatis. "Secepatnya, Oktober ini ya bisa saja," tegasnya.

 
[Fox]


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews