Heboh Foto Kongkow, Kombes Surawan: Ada Saya, Pak Toni dan Pak Dirsus...

Heboh Foto Kongkow, Kombes Surawan:  Ada Saya, Pak Toni dan Pak Dirsus...

Foto petinggi Polda Riau bersama bos perusahaan sawit di Pekanbaru. (foto: ist/facebook)

BATAMNEWS.CO.ID, Pekanbaru - Beredarnya foto-foto pejabat utama di Polda Riau dan Polresta Pekanbaru bersama dengan direktur perusahaan sawit yang lahannya terbakar di sebuah lounge hotel di Pekanbaru membuat warga Riau heboh.

Apalagi, perusahaan sawit tersebut juga pernah berurusan dengan Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Riau karena diduga menyerobot ribuan hektare tanah di hutan produksi terbatas (HPT) di Kabupaten Rokan Hilir, Riau.

Polda Riau langsung menggelar konferensi pers. Pejabat yang hadir adalah Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Riau Kombes Surawan dan Kapolresta Pekanbaru Kombes Toni Hermawan. Sebelumnya, hadir juga Kapolda Riau Brigjen Pol Supriyanto.

"Sementara itu, Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Riau (Kombes Rivai Sinambela) tak bisa hadir. Beliau tengah berada di Jakarta," ujar Kabid Humas Polda Riau AKBP Guntur Aryo Tejo, Jumat (2/9/2016).

Kombes Surawan tak menampik dirinya memang berada di foto yang beredar tersebut. Dia juga mengakui adanya petinggi perusahaan tersebut karena bertemu di lounge hotel tersebut.

"Selain saya, ada juga Pak Toni, ada Pak Dirsus (Rivai) kemudian ada Kasubdit II dan III Reskrimum, serta seorang perwira polisi dari Paminal Div Propam Mabes Kombes Hendrawan," tutur Surawan.

Surawan menyebut pertemuan itu terjadi secara spontan dan tidak direncanakan. Lokasi pertemuannya di lounge Grand Central Hotel lantai 7, Jalan Jenderal Sudirman, Pekanbaru Riau, beberapa waktu lalu.

"Tidak ada janjian, ketemu langsung di sana," kata dia.

Surawan menyebutkan, keberadaan dirinya di hotel tersebut tengah membahas analisis dan evaluasi (Anev) kerusuhan di Mapolres Kepulauan Meranti Riau yang menyebabkan tewasnya seorang polisi, seorang pegawai honorer dan seorang warga ketika berdemo.

"Saya dan beberapa Kasubdit dan perwira Paminal Mabes membahas situasi itu karena Reskrimum Polda Riau yang menangani kasusnya," kata Surawan.

Usai membahas itu, Surawan dan rekan polisinya menuju ke lounge hotel dan berniat membahas apa yang kurang. Setibanya di sana, Surawan dan rekannya mengambil meja untuk duduk.

Di meja lain, ada pemilik hotel bersama direktur perusahaan yang diketahui berasal dari PT APPL. Perusahaan itu merupakan salah satu dari dua perusahaan pemilik lahan yang sedang diusut terkait kasus tewasnya anggota TNI saat memadamkan lahan terbakar.

Selain direktur perusahaan sawit, Surawan menyebut ada pula pemilik showroom mobil dan beberapa pengusaha lainnya.

"Karena sebelumnya sudah kenal dengan pemilik hotel, kami menghampiri meja itu. Memang sempat duduk dan hanya sebentar dan kami kembali ke meja yang semula," ujar Kombes Surawan.

(ind/bbs)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews