September 2016, BP Batam Luncurkan Aplikasi Online Status Lahan Kosong

  September 2016, BP Batam Luncurkan Aplikasi Online Status Lahan Kosong

Gedung BP Batam. (foto: ist/net)


BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Awal bulan September 2016 mendatang, BP Batam berencana meluncurkan aplikasi online untuk mengetahui status lahan kosong yang ada di Batam. Lahan yang diberikan BP Batam nanti lahan yang sudah dimatangkan.

Pada aplikasi itu nanti masyarakat terutama pengembang properti bisa dengan mudah mengetahui lahan mana yang kosong dan bisa langsung mengajukan Hak Pengalokasian Lahan (HPL) pada BP Batam.

Direktur Pengelolaan Lahan BP Batam, Imam Bachroni mengatakan, saat ini BP Batam tengah mempersiapkan mekanisme bagaimana proses alokasi lahan untuk kedepannnya seperti proses lelang lahan kosong.

Kata Imam, nanti lahan yang akan diberikan oleh BP Batam adalah lahan yang sudah dimatangkan (siap bangun), seperti masyarakat yang berada di lokasi lahan tersebut. "Jadi, nanti tidak ada lagi lahan dimanfaatkan untuk investasi," kata dia.

Ia menambahkan, untuk mendapatkan lahan, masyarakat atau pengembang yang mengajukan HPL harus sesuai dengan mekanisme yang ditetapkan BP Batam.

"Jadi lelang tidak berdasarkan jumlah terbesar, yang penting nanti, disitu manfaat buat masyarakat apa, manfaat ekonominya berapa, disitu investasinya berapa dan disitu untuk mamfaat pekerja berapa. Itu yang jadi pertimbangan kita nantinya," ujar Imam menjelaskan.

"Mudah-mudahan akhirnya bulan ini sudah ada mekanismenya, dan segera kita laksanakan," kata Imam.

Sebelumnya, Kepala BP Batam Hatanto menyebutkan dalam waktu dekat akan meluncurkan aplikasi online untuk mengetahui lahan kosong.

"Pada September ini seseorang bisa masuk secara online, mereka bisa melihat lahan mana yang diinginkan. Nanti akan diketahui apakah sudah dimiliki orang atau belum," kata Hatanto belum lama ini.

[isk]


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews