Simpati ke Bocah Omran Mendunia, Rusia Bantah Mengebom Pemukiman

Simpati ke Bocah Omran Mendunia, Rusia Bantah Mengebom Pemukiman

Bocah Omran Daqneesh. (foto: istimewa)

BATAMNEWS.CO.ID, Moskow - Kementerian Pertahanan Rusia membantah tuduhan membombardir area sipil di Distrik Qaterji, Aleppo, Suriah, yang nyaris menewaskan Omran Daqneesh. Omran, bocah lima tahun di Aleppo jadi sorotan media dunia setelah dia ditarik dari puing bangunan dengan kondisi penuh debu dan darah.

Foto dan video kondisi memilukan Omran telah menyebar sejak serangan pada Rabu malam. Bocah ini duduk dengan tatapan kosong ketika didudukkan di ambulans dengan dahi terluka parah. Dia bahkan tidak bisa menangis.

”Nasib penting bahwa anak-anak dari distrik Aleppo Timur berada yang disandera oleh teroris, ini benar-benar tragedi,” kata perwakilan resmi dari Kementerian Pertahanan Rusia, Igor Konashenkov.

Dia mengkritik media Barat tertentu yang memanfaatkan tragedi ini sebagai materi propaganda anti-Rusia. Tindakan media seperti itu, dianggap Konashenkov sebagai “kejahatan moral”.

”Kami telah berulang kali menekankan bahwa pesawat Angkatan Udara Rusia yang beroperasi di Suriah tidak pernah bekerja pada target di wilayah pemukiman,” ujar Konashenkov, seperti dikutip Russia Today, semalam (19/8/2016).

”Hal ini semua lebih relevan mengenai Qaterji, yang disebutkan oleh media Barat, karena berdekatan dengan koridor keluar untuk penduduk setempat yang dibuka dalam rangka misi kemanusiaan (oleh) Rusia,” lanjut dia.

”Kondisi dari puing-puing yang ditunjukkan oleh penyiar Barat selama operasi untuk menyelamatkan (anak yang terluka, Omran Daqneesh) menunjukkan bahwa ada jendela utuh dalam sebuah gedung di dekatnya, dan ini pada gilirannya menunjukkan bahwa serangan, jika hal itu terjadi, dilakukan tidak menggunakan amunisi pesawat tapi silinder gas, yang umum digunakan oleh teroris,” imbuh Konashenkov.
 
Meski membantah, Rusia menawarkan gencatan senjata di Aleppo untuk memberikan bantuan kemanusiaan kepada penduduk Aleppo. Rusia akan kembali mengerahkan konvoi bantuan bagian kedua ke wilayah yang dikuasai pemberontak Suriah.

(ind/bbs)

 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews