Akhirnya, Operasi Pemisahan Bayi Kembar Siam Rahma-Rahmi Sukses

Akhirnya, Operasi Pemisahan Bayi Kembar Siam Rahma-Rahmi Sukses

Orangtua Rahma-Rahmi tampak menangis sebelum anaknya menjalani operasi di RS Awal Bros Batam (Foto: Istimewa/Facebook)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Operasi bayi kembar siam pemisahan perut dempet Rahma-Rahmi berjalan lancar. Operasi yang digelar di RS Awal Bross, Batam, Kepri pada Minggu, 14 Agustus 2016 tidak meleset dari jadwal yang diperkirakan tim dokter.

Rahma-Rahmi naik ke meja operasi pada pukul 08.00 WIB. Setelah melakukan berbagai rangkaian persiapan, pada pukul 12.16 WIB tim dokter berhasil memisahkan liver (hati) kedua bayi tersebut.

Tim dokter yang berasal dari RS dr Soetomo, Surabaya, Kepri dan ada juga yang berasal dari Medan, Sumatera Utara dan Pekanbaru berhasil menyelesaikan operasi pemisahan sekira pukul 13.00 WIB.

Dokter Purwadi, SpBA, dokter senior RS Soetomo mengatakan bahwa proses operasi berjalan dengan lancar dan tidak ada kendala apapun. "Semua berjalan lancar, bahkan pendarahan hanya 5 mili saja," ujar Purwadi usai menjalankan proses operasi, Minggu (14/8/2016) diruangan Morning Report RS Awal Bross.

Kata Purwadi, kondisi kedua bayi dalam keadaan sehat, hanya saja salah satu bayi bernama Rahma mengalami kelainan jantung pada bilik kiri. Kata dia, itu juga alasan kenapa operasi dilakukan sekarang, kalau menunggu lagi Rahma akan mengalami sesak nafas.

"Rahmi sehat, dan Rahmi karena mengalami kelainan jantung di bilik kirinya dan saluran darah harus diciutkan," kata dia.

Rencananya, tambah Purwadi, setelah menjalani perawatan akan dibawa ke Surabaya untuk penanganan lebih lanjut.

(isk)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews