Puluhan Calon TKI Transit di Batam Sebelum Menyeberang ke Malaysia

Puluhan Calon TKI Transit di Batam Sebelum Menyeberang ke Malaysia

Sejumlah calon TKI yang baru tiba di Bandara Hang Nadim sembari menunggu jemputan (Foto: Iskandar/Batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Puluhan orang calon Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Surabaya mulai padati Bandara International Hang Nadim Batam, Kepri. Mereka rencananya akan berangkat ke Malaysia setelah menghabiskan liburan bersama keluarga di kampung halaman.

Pantauan di lapangan, Selasa (12/7/2016), para TKI tersebut tiba di Bandara Hang Nadim sekira pukul 14.30 WIB. Mereka tampak duduk dan tidur-tiduran di lapangan parkir sembari menunggu jemputan dari tekong yang berkedok travel.

"Tunggu jemputan penyalur, kami rombongan dari Surabaya lebih 25 orang habis Lebaran dikampung halaman dan rencananya akan kembali bekerja di Malaysia sebagai buruh serabutan," ujar Sarjono saat dijumpai, Selasa (12/7/2016).

Ia mengatakan, untuk tiba di Malaysia, ia bersama rekan-rekan ada yang melewati pelabuhan tikus dan juga ada pakai pasport pelancong lewat pelabuhan Fery International Batam Centre.

Sugiem, TKI asal Jawa Barat juga mengatakan hal sama, dirinya sudah 5 tahun bekerja sebagai pembantu rumah tangga di Malaysia dan tahun ini mudik Lebaran di kampung halaman.

“Dua minggu menjelang Lebaran sudah di kampung Mas dan hari ini mau kembali bekerja di Malaysia,” kata Suginem.

Ia mengungkapkan, ia bersama rekan-rekannya kembali ke Malaysia melalui tekong. Sebab, dengan menggunakan jasa tekong prosesnya mudah walaupun mengeluarkan uang banyak.

"Jika tidak melalui tekong akan susah dan bakal ditolak imigrasi Malaysia, karena mereka sudah berkoordinasi lintas institusi," ujar dia.


[is]


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews