Final Euro 2016

Prediksi Juara Euro 2016 dari dari Sisi Statistik dan Matematis, Hasilnya Mengejutkan!

Prediksi Juara Euro 2016 dari dari Sisi Statistik dan Matematis, Hasilnya Mengejutkan!

Portugal vs Prancis. (foto: ist/net)

BATAMNEWS.CO.ID, Paris - Berbagai prediksi soal siapa siapa juara Euro 2016 bergulir. Berbagai metode bahkan ramalan dari binatang bermunculan setiap datangnya turnamen akbar olahraga.

Namun, ada juga pihak yang memprediksi juara Euro 2016 dengan hitung-hitungan matematis yang digabungkan dengan metode statistik.

Adalah Goldman Sachs Bank yang mencoba untuk memprediksi perhelatan Euro 2016. Hebatnya, mereka melakukan itu dengan menganalisa 4.719 pertandingan sepakbola dari seluruh dunia yang sudah dipilah-pilah bedasarkan klasifikasi tertentu.

Selanjutnya, sejumlah parameter tambahan lainnya pun ikut dimasukkan sebagai bahan tambahan untuk prediksi. Sebagai contoh, faktor Prancis sebagai tuan rumah pun ikut disertakan. Atau juga parameter seperti hasil hitungan statistik setiap pemain dalam sebuah tim.

Hal ini dilakukan untuk mendapatkan probabilitas setiap tim kontestan Euro 2016 hingga mendapatkan detil perhitungannya yang kemudian diakumulasi menjadi rangkaian angka-angka untuk kemudian menempatkannya pada tabel ranking.

Berikut hasil perhitungan statistik dan matematisnya:

Perancis
Dari hasil perhitungan itu, Prancis ditempatkan sebagai tim yang berada di ranking paling atas sebagai juara Euro 2016 dengan tingkat probabilitas sebesar 23,1% dengan capaian terburuk yakni babak semifinal. Posisi Les Blues sebagai tuan rumah ini hanya terpaut sekian persen saja dengan posisi kedua yang ditempati Jerman.

Jerman
Tim Panser Jerman oleh Goldman Sachs Bank ditempatkan di posisi kedua dengan probabilitas yang kalah tipis dibanding tuan rumah Prancis, yakni hanya 19,9% saja untuk menjuarai Euro 2016. Sedangkan probabilitas Jerman mencapai babak semifinal cukup besar yakni mencapai 50%.

Spanyol
Tim ketiga yang memiliki prosentase terbesar ketiga tidak lain adalah juara Euro dua edisi sebelumnya, yakni Spanyol. Namun, probabilitas tim bertahan Euro ini terpaut jauh dari peringkat pertama dan kedua dan hanya mendapatkan probabilitas sebesar 13,9%. Selain itu, Spanyol juga memiliki probabilitas yang sangat kecil untuk menjadi salah satu dari empat tim terakhir yang bisa bertahan di Euro 2016 dengan 39%.

Inggris
Meski pada akhirnya dikalahkan Islandia, timnas Inggris ditempatkan di ranking ke-empat bisa menjuarai Euro 2016 dengan hanya 10,55% saja. Sedangkan probabilitas Inggris untuk dapat mencapai perempat-final mencapai 60,7%, mencapai semifinal 35,7% dan mencapai final dengan hanya 20,4%.

Italia
Gli Azzuri yang oleh banyak pihak sejak awal memang tidak termasuk unggulan dalam Euro 2016 ini, mendapatkan probabilitas yang sangat kecil dengan hanya mencatatkan prosentase sebesar 1,5% untuk menjuarai Euro kali ini. Malah, Italia kalah oleh Ukraina yang mendapat probabulitas 1,9%, Kroasia dengan 2,2% dan Rusia sedikit lebih tinggi 2,9%.

Terlepas dari apakah sebagian prediksinya itu sudah menjadi kenyataan dengan hanya menyisakan Portugal dan Prancis mencapai laga final, namun prediksi jelas berbeda dengan kenyataan meski memang sedikit banyak bisa menjelaskan pertanyaan "Siapa yang akan menjadi juara Euro 2016?"

Hanya pertandingan laga final Euro 2016 yang akan dihelat pada Senin (11/7/2016) pukul 02.0 wib dini hari saja yang akan bisa menjawabnya.

(ind/bbs)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews