Dinas Kesehatan: Karimun Aman dari Vaksin Palsu

Dinas Kesehatan: Karimun Aman dari Vaksin Palsu

BATAMNEWS.CO.ID, Karimun - Dinas Kesehatan Kabupaten Karimun menjamin Karimun bebas dari vaksin palsu yang sangat meresahkan Tanah Air. Jaminan itu datang setelah pihak Dinas Kesehatan memeriksa semua instansi yang melakukan aktivitas vaksin ke masyarakat.

“Semua pelayanan kesehatan kita periksa, hasilnya tidak ditemukan vaksin palsu,” ujar Rahmadi, Kepala Bidang Penanganan Penyakit Menular Dinkes Karimun, Selasa (28/6).

Rahmadi meminta masyarakat tidak khawatir terhadap penggunaan vaksin yang ada saat ini.

“Silahkan gunakan sesuai petunjuk dokter,'' ujar dia.

Tempat-tempat yang dijamin dari vaksin palsu itu diantaranya Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD), Puskesmas, Posyandu, Pustu. Vaksin yang didatangkan dari Kementerian kesehatan RI. 

Vaksin yang didatangkan selama ini berasal dari produk Biofarma. “Vaksinya sudah teruji dan juga diekspor ke luar negeri,” ujar Rahmadi.

Untuk distributor di dalam negeri hanya ada dua diantaranya Info Farma dan Merapi Utama Farma.

Vaksin-vaksi lainnya biasanya dilakukan di rumah sakit swasta, klinik, praktik bidan, rumah bersalin, maupun dokter praktek swasta ada yang mengambil vaksin dari distributor resmi Indonesia. 

“Dan ada juga yang mengambil vaksin produk luar negeri seperti Sanovi dan GSA yang distributornya oleh Anugra Parmindo Lestari (APL). Sudah kita pastikan, vaksin yang beredar di Karimun asli. Baik yang diproduksi Indonesia maupun luar negeri,'' ujar dia.

 

[snw]


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews