Vaksin Palsu Beredar, ini Komentar Kepala Dinkes Kota Batam

Vaksin Palsu Beredar, ini Komentar Kepala Dinkes Kota Batam

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Peredaran vaksin palsu membuat keresahan di masyarakat. Bagaimana dengan di Batam?

Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam dr. Chandra Rizal menuturkan, saat ini belum ditemukan adanya vaksin palsu beredar di Kota Batam. 

Menurut dia, vaksin-vaksin yang ada di Batam semuanya dipastikan berasal dari Kementrian Kesehatan.

"Semua vaksin yang ada di Batam semuanya berasal dari Kementrian jadi sudah dicek juga oleh BPOM,” ujar Chandra Rizal, saat ditemui di kantor DPRD beberapa hari lalu.

Vaksin-vaksin tersebut, kata dia, semuanya berasal dari Kementrian dan tetap diawasi oleh Dinas Kesehatan Kota Batam dan BPOM. Vaksin-vaksin tersebut kemudian didistribusikan ke puskesmas-puskesmas dan rumah sakit.

Kemudian Chandra Rizal menambahkan agar masyarakat Batam lebih berhati-hati. Ia menghimbau untuk melakukan vaksin di puskesmas dan rumah sakit yang diawasi pemerintah.

"Kalau mau vaksin di puskesmas dan rumah sakit yang diawasi oleh pemerintah, bila perlu tanyakan ke petugasnya mengenai vaksin tersebut palsu atau tidak,” ujar Chandra.

Chandra juga tidak dapat memastikan vaksin yang beredar tanpa pengawasan tersebut asli atau palsu, tetapi selama diawasi oleh Dinas Kesehatan dan BPOM vaksin di Batam adalah asli.

"Kalau yang diawasi itu adalah asli karena berasal dari Kementrian, tapi kalau yang tidak diawasi oleh pemerintah tidak dapat dipastikan asli atau palsu, makanya masyarakat sebaiknya melakukan suntik vaksin ke tempat yang terverifikasi oleh dinas kesehatan" kata Chandra.

Selain vaksin palsu, Chandra juga mengimbau kepada masyarakat untuk berobat atau melakukan pemeriksaan ke klinik, dokter, bidan dan klinik yang mempunyai izin paktrik.

"Kalau mau periksa atau berobat jangan lupa untuk selalu memeriksa izin praktiknya takutnya tidak punya izin, karena ada juga oknum-oknum nakal yang buka praktek tanpa ada izin,” kata Chandra.

 

[ret]


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews