Pelaku Pernah Diinterogasi, FBI Kecolongan Penembakan di Klub Malam Gay

Pelaku Pernah Diinterogasi, FBI Kecolongan Penembakan di Klub Malam Gay

Omar Mateen (Foto: Twitter)

BATAMNEWS.CO.ID, Orlando - FBI kecolongan dalam kasus penembakan di klub malam khusus Gay. Pelaku Omar Mateen (29) ternyata pernah diinterogasi terkait kasus teror. 

Mateen merupakan pria kelahiran New York, AS dengan orang tua asal Afganistan. 

Asisten Agen Khusus FBI, Ronald Hopper menyatakan kepada wartawan seperti dikutip dari CNN, Senin (13/6/2016) bahwa Mateen diwawancarai FBI terkait 2 teror yang berhubungan.

"Wawancara itu kemudian menjadi tak memiliki kesimpulan. Sehingga tak ada alasan untuk melanjutkan wawancara," kata Hopper. Kedua kasus yang dimaksud itu pun ditutup.

Pada saat kejadian penembakan di Orlando, Minggu (12/6) dini hari waktu setempat, Mateen sudah tidak berada dalam pengawasan FBI. "FBI pertama kali menaruh perhatian pada Mateen pada 2013 saat dia membuat komentar hasutan kepada rekan sekerjanya terkait jaringan teroris," kata Hopper.

Lalu pada tahun 2014, FBI kembali mewawancarai Mateen. Klai ini terkait kemungkinan hubungan dia dengan pelaku bom bunuh diri Amerika. Ketika itu FBI yakin bahwa Mateen bukanlah ancaman untuk kemudian hari.

"Kami sungguh-sungguh yakin bahwa dalam wawancara singkat itu dan tidak mengarahkan kepada hubungan yang substantive atau mengancam di kemudian hari," ucap Hopper.

 

[snw]


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews