Rahma Idap Penyakit Jantung Bawaan, Tim Operasi Siapkan 3 Opsi

Rahma Idap Penyakit Jantung Bawaan, Tim Operasi Siapkan 3 Opsi

Bayi Rahma dan Rahmi yang akan menjalani operasi pemisahan di RS Awal Bros Batam. (foto: ret/batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID Batam - Proses pemisahan kembar siam Rahma dan Rahmi yang saat ini akan ditangani pihak RS Awal Bros, masih menunggu kesiapan dari kedua bayi tersebut.

"Operasi dapat dilakukan jika kedua bayi mencapai bobot 10 kg, bobot ini bisa kurang dari 10 kg bisa juga lebih, dan kedua bayi ini masih belum mencapai bobot tersebut," ujar dr Siti Iqbal, SPBA, dokter spesialis bedah anak RS Awal Bros Batam, Rabu (18/5/2016).

Siti menambahkan, kedua bayi masih normal, hanya untuk Rahma perlu penanganan khusus pasalnya bayi tersebut menderita penyakit jantung bawaan.

"Untuk Rahma harus penanganan khusus seperti memberikan minum hanya diperbolehkan diberi 250 cc per 24 jam sedangkan adiknya Rahmi boleh diberikan sepuasnya," kata dr Siti Iqbal.

Bayi kembar siam ini mengalami dempet di bagian perut sehingga mengakibatkan hati dan pembuluh darah yang menyatu.

Dokter menjelaskan, selain penyakit jantung bawaan yang diderita Rahma, juga diperhatikan hati dan pembuluh darahnya yang menyatu. Maka dari itu tim operasi akan selalu konseling dengan orangtua bayi tersebut.

"Kemungkinan dioperasi akan mendapat hasil yaitu dapat menyelamatkan keduanya, menyelamatkan salah satu dan tidak dapat diselamatkan keduanya. Kemungkinan-kemungkinan tersebut sudah kami sampaikan kepada orangtua Rahma Rahmi" kata dr Siti Iqbal.

Operasi pemisahan in akan pertama kali dilakukan di Kepri dengan mengacu kepada tim dokter Sutomo di Surabaya.

(ret)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews