Khawatir Logo Halal Asal Tempel, Nurdin: Banyak Saye Tengok ...

Khawatir Logo Halal Asal Tempel, Nurdin: Banyak Saye Tengok ...

Plt. Gubernur Kepri Nurdin Basirun saat sidak ke pasar tradisional. (Foto: Batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Rumah Potong Unggas (RPU) Halal hadir di Kota Batam, Kepulauan Riau. RPU Halal yang berada di Sei Temiang, Kecamatan Sekupang ini merupakan RPU Halal yang pertama di Indonesia.

RPU Halal ini diresmikan oleh Plt Gubernur Kepri Nurdin Basirun dan Dirjen Bimas Islam Kementerian Agama Dr. Ust Mukhtar Ali.

Dalam sambutannya, Plt Gubernur Kepri Nurdin Basirun mengatakan saat ini orang dengan gampang memasang logo halal, tapi mereka tidak tahu asal - usul dan apa yang dimaksudkan halal tersebut.

"Maaf ni, banyak saye tengok orang dengan gampang memasang logo halal, macam dah tau apa itu halal, jadi yang seperti ini pembinaan harus jalan," ujar Nurdin Basirun dengan logat khas melayunya, saat memberikan sambutan, Jumat (13/5/2016).

 

Gubernur Kepri Nurdin Basirun meresmikan pembukaan Rumah Pemotongan Unggas Halal di Temiang, Batam. (Foto: Iskandar/Batamnews)

 

Selain itu Nurdin juga berharap kedepannya seluruh kota dan kabupaten di Kepulauan Riau bisa mengikuti. "Saye denga dari tadi ini pertama di Indonesia," kata Nurdin.

Di tempat yang sama, Dirjen Bimas Islam Kemenag RI Dr. Ust Mukhtar Ali berharap RPU Halal ini hendaknya bisa bersaing di pasar bebas. Dalam perkembangannya kelak bisa bersaing secara baik secara global.

"Persaingan produk merupakan tantangan dari dalam maupun luar negeri, seperti jaminan halal," kata dia.

Ia mengatakan, halal ini bukan semata-mata isu agama, tapi karena sudah merupakan nilai tambah. Sebab, umat Islam hanya boleh mengkonsumsi hewan yang dipotong secara halal.

Turut hadir dalam peresmian tersebut Ketua Badan Wakaf Indonesia (BWI) Pusat Iwan A, Kepala Perwakilan BI Kepri Gusti Raizal Eka Putra, Kepala Kemenag Kota Batam Zulkifli AKA, Ketua LAM Nyat Kadir, Ketua MUI Kota Batam KH Usman Ahmad dan beberapa Tokoh Ulama.

 

[is]


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews