Dompleng MEA, Tenaga Kerja Asing dari Luar ASEAN Masuk ke Batam

Dompleng MEA, Tenaga Kerja Asing dari Luar ASEAN Masuk ke Batam

Ilustrasi. (foto:ist/net)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) di Batam disinyalir dimanfaatkan oleh Warga Negara Asing (WNA) yang bukan berasal dari negara Asia Tenggara untuk bekerja di Batam.

Era MEA ini dimanfaatkan tenaga kerja yang berasal dari Pakistan, Korea Selatan dan beberapa negara yang bukan ruang lingkup MEA masuk ke Batam. Mereka masuk ke Batam hanya dengan menggunakan visa kunjungan wisata melalui Singapura dan Malaysia.

Sekretaris Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Kota Batam, Suprapto mengatakan pemerintah harus menyikapi hal tersebut. Jadi, pekerja asing ilegal tersebut tidak serta merta masuk ke Batam atau Indonesia, karena alasannya MEA.

"Saat ini setiap perusahaan satu dua sudah mulai nampak. Jadi, pemerintah harus cepat menyikapi dan jangan lepas tanggungjawab," kata Suprapto, di sela aksi demo di depan gedung Graha Kepri, Rabu (20/4/2016).

Suprapto menjelaskan, para pekerja asing ilegal tersebut masuk ke Batam melalui Singapura dengan menggunakan visa turis atau kunjungan wisata. "Mereka diiming-imingi gaji seadanya. Tapi pada dasarnya itu tidak bisa," paparnya.

"Saya belum mendapatkan data secara riil jumlah mereka di Batam, karena yang mempunyai data masih menyimpan data tersebut nggak berani mengeluarkan dengan alasan takut dibenturkan," kata dia.

"Saat ini teman-teman masih melakukan pendataan di perusahaan masing-masing. Mereka disinyalir banyak di perusahaan logam berat," ungkapnya.

(isk)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews