Penerimaan Anggota Polri Diminati Warga Batam, Pengurusan SKCK Ramai

Penerimaan Anggota Polri Diminati Warga Batam, Pengurusan SKCK Ramai

Warga mengurus SKCK di Polresta Barelang untuk masuk anggota Polri. (foto: edo/batamnews)


BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Setelah dibukanya pendaftaran online untuk masuk kepolisian, ratusan orang mendatangi Polresta Barelang untuk membuat SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian) yang merupakan salah satu syarat dalam pendaftaran.

Pendaftaran online dibuka sejak tanggal 7 April 2015 lalu dan akan ditutup pada 30 April 2016 mendatang.

"Kalau untuk syarat masuk polisi, buat SKCK di sini (Polresta Barelang). Tapi kalau untuk kerja dan lainnya bisa di polsek saja," ujar Septian, yang tengah menunggu antrean membuat SKCK di Polresta Barelang, Senin (11/4/2016)

Pria yang berencana mengabdikan dirinya untuk bertugas di kepolisian ini mengaku telah mendaftar secara online. "Kemarin saya sudah daftar online untuk masuk polisi. Untuk syarat-syaratnya sudah tercantum di online," kata pria kelahiran tahun 1996 tersebut.

Minat warga Batam untuk mendaftar menjadi anggota polisi termasuk tinggi, terutama bagi yang baru lulus dari SMA sederajat. Tapi ada juga mendaftar dari lulusan diploma dan sarjana.

"Saya tamatan tahun 2015, tidak sambung kuliah. Saya tunggu pembukaan pendaftaran masuk polisi, sangat berharap sekali lulus tes dan menjadi Polisi," ujar Septian.

Dalam pendaftaran online tersebut, ada pendaftaran Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana(SIPSS) diperuntukkan bagi lulusan diploma 4, S1, S1 Profesi, dan ada beberapa daerah yang membuka untuk lulusan S2.

Kemudian pendaftaran online AKPOL atau Akademi Kepolisian, merupakan Sekolah Ikatan Dinas yang diselenggarakan untuk menyiapkan dan menghasilkan Perwira Kepolisian.

Lalu pendaftaran online Brigadir Polri/Bintara Polisi. Brigadir terbagi menjadi Brigadir Polri, Brigadir Polwan, Bintara Polri Khusus Penyidik Pembantu. Penerimaan calon anggota Brigadir Polisi diperuntukkan bagi lulusan SMA/MA/SMK, baik laki-laki maupun perempuan.

Selanjutnya, pendaftaran Online Bintara Polri Khusus Penyidik Pembantu, merupakan bagian dari Brigadir Polisi.  Informasi lebih rinci bisa dilihat di penerimaan.polri.go.id.
 
(edo)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews