Jokowi Sampaikan Dukungan untuk Kemerdekaan Palestina

Jokowi Sampaikan Dukungan untuk Kemerdekaan Palestina

Presiden Jokowi dan Presiden Palestina Mahmoud Abbas. (foto: ist/antara)

BATAMNEWS.CO.ID, Jakarta - Presiden Joko Widodo menyampaikan dukungannya atas kemerdekaan Palestina kepada Presiden Palestina Mahmoud Abbas.

Dalam pertemuan bilateral yang dilaksanakan di Ruang Kakatua, Jakarta Convention Center (JCC), untuk mendukung hal tersebut, Presiden akan mengutus Menlu RI ke Ramallah untuk meresmikan Konsul Kehormatan pada bulan Maret ini.

Ia juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Presiden Palestina Mahmoud Abbas atas persetujuan yang diberikan. "Keberadaan Konsul Kehormatan merupakan langkah awal untuk meningkatkan dukungan Indonesia bagi kemerdekaan Palestina serta mendorong penguatan hubungan bilateral," ucap Presiden Joko Widodo, Minggu (6/3/2016).

Sebelumnya, Presiden menyatakan harapannya agar negara-negara Islam dapat berperan lebih banyak dalam proses perdamaian Palestina-Israel dan Indonesia siap untuk berperan dalam proses perdamaian tersebut.

Diharapkan, konferensi OKI di Jakarta kali ini juga akan bisa menghasilkan berbagai terobosan, inisiatif dan solusi konkret untuk menyelenggarakan konferensi internasional tentang perdamaian Palestina.

Presiden Joko Widodo mengatakan Indonesia siap berperan untuk mendukung tercapainya perdamaian di Palestina.

"Indonesia siap berperan untuk mendukung proses perdamaian ini," kata Jokowi.

Menurut Jokowi, KTT Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) mengajak seluruh negara anggota dapat lebih bersatu menjunjung kemerdekaan Palestina.

KTT LB ke-5 OKI yang diselenggarakan di Jakarta pada 6-7 Maret 2016 juga merupakan bentuk nyata upaya negara-negara OKI, termasuk Indonesia, untuk mendorong penyelesaian konflik di Palestina.

Indonesia telah diminta negara Mesir dan Palestina untuk menyelenggarakan KTT Luar Biasa yang membahas kedaulatan Palestina dan pendirian Al Quds Al Syarif.

(ind/bbs)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews