Ini Prediksi Rossi Untuk Seri Pertama MotoGP Qatar

Ini Prediksi Rossi Untuk Seri Pertama MotoGP Qatar

Start race MotoGP. (foto: motogp.com)


BATAMNEWS.CO.ID, Doha - Tes pramusim MotoGP 2016 resmi berakhir. Valentino Rossi punya prediksi tersendiri soal balapan pertama di Sirkuit Losail, Doha, Qatar, 20 Maret mendatang.

Rossi dan pembalap lain sudah mengakhiri tes pramusim di Qatar, Jumat (4/3/2016) waktu setempat atau Sabtu dinihari. Pembalap Yamaha Jorge Lorenzo keluar jadi yang tercepat dengan waktu 1 menit 54.810 detik.

Valentino Rossi masuk dalam tiga besar tercepat bersama Lorenzo dan Vinales. Meskipun hanya berada di posisi ketiga tercepat dalam sesi uji coba di Qatar catatan waktu yang ditorehkannya tidak jauh dengan dua pembalap di depannya. Dalam uji coba tersebut, Jorge Lorenzo mampu menjadi yang tercepat pertama dengan catatan waktu 1 menit 55.452 detik di posisi kedua ditempati Maverick Vinales dengan catatan waktu 1 menit 55.880 dan Valentino Rossi menduduki posisi ketiga dengan catatan waktu 1 menit 55.894.

Catatan waktu yang diperoleh Maverick Vinales pembalap Suzuki Ecstar selama uji coba tidak boleh dipandang sebelah mata. Vinales dan Suzuki nampaknya bakal bangkit dari tidurnya dan mulai mengancam tim-tim yang biasa mendominasi lini depan MotoGP.

Saat menjalani uji coba di Qatar, Valentino Rossi sempat mengalami crash karena slide di kecepatan sekitar 70 km/jam. Akan tetapi kejadian tersebut tidak memberikan cedera berarti dan Rossi masih tetap mampu melanjutkan sesi uji coba.

Tes pramusim Qatar memang jadi yang terakhir setelah sebelumnya semua pembalap sudah menjalani tes Malaysia dan Australia. Beda dengan dua lokasi sebelumnya, kali ini ada lebih banyak pembalap yang tergelincir.

Rossi menjelaskan, pengujian di Qatar benar-benar menguji kinerja ban Michelin. Sebagian besar masalah semua pembalap yang jatuh disebabkan karena ban depannya kehilangan daya cengkram dan hal itu yang dianggap bakal menyulitkan balapan 20 Maret nanti.

"Saya pikir banyak pembalap akan sangat cepat di Grand Prix pertama, tapi kami juga kompetitif. Masalahnya adalah suhu trek terus meningkat dari hari ke hari dan tingkat keausan ban depan juga meningkat, jadi kami harus bergerak," ungkapnya dikutip situs resmi MotoGP.

"Kemarin tidak begitu buruk, tapi hari ini ban kami terlalu lembut. Saya pikir lima lap terakhir balapan akan sulit bagi semua pembalap. Untuk motor, mungkin cukup baik untuk naik ke kecepatan maksimal sehingga bisa menjaga kecepatan yang baik," pungkasnya.

(ind/bbs)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews