Sosialisasi "Diet" Kantong Plastik di Batam Dilakukan Selama Dua Bulan

Sosialisasi "Diet" Kantong Plastik di Batam Dilakukan Selama Dua Bulan

Ilustrasi kantong plastik. (foto: ist/viva)


BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Sosialisasi "diet" kantong plastik atau kantong plastik berbayar di Batam, Kepulauan Riau dilakukan selama dua bulan ke depan. Saat ini kota-kota besar seperti Jakarta dan Bandung sudah mulai diberlakukan.

Berdasarkan surat edaran yang dikeluarkan Kementerian Lingkungan Hidup untuk Penerapan program diet kantong plastik tersebut tertuang dalam Nomor SE-06/PSLB3-PS/2015, tentang Antisipasi Penerapan Kebijakan Kantong Plastik Berbayar Pada Usaha Retail Modern mulai 21 Februari hingga 5 Juni 2016.

Program kantong plastik tidak lagi gratis ini disepakati oleh Asosisasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) dengan Kementerian Lingkungan Hidup.

Program ini untuk mendukung tujuan pemerintah yang hendak bebas sampah pada tahun 2020.

Di Batam, Kepulauan Riau beberapa supermarket dan minimarket sudah mulai melakukan sosialisasi "diet" kantong plastik. Sosialisasi ini dilakukan selama dua bulan, mulai dari akhir Febuari 2016.

"Instruksinya sosialisasi dilakukan selama dua bulan ke depan. Seandainya sudah mulai berlaku, satu kantong plastik harganya Rp 200," ujar Yanti, kasir salah minimarket di Bengkong, Batam, Jumat (4/3/2016) sore.

(isk)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews