Panwascam Katang Bidare Tingkatkan Pengawasan Coklit Jelang Pilkada Serentak 2024

Panwascam Katang Bidare Tingkatkan Pengawasan Coklit Jelang Pilkada Serentak 2024

Panwascam Katang Bidare melakukan pengawasan terhadap proses Coklit. (Foto: istimewa)

Lingga, Batamnews - Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) Katang Bidare, Kabupaten Lingga, intensif mempersiapkan dan melaksanakan strategi pengawasan yang ketat menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024. Langkah strategis ini dilakukan untuk memastikan proses Pencocokan dan Penelitian (Coklit) data pemilih berlangsung transparan dan akurat.

Koordinator Divisi Hukum, Pencegahan, Partisipasi Masyarakat, dan Hubungan Masyarakat Panwascam Katang Bidare, Roni, menjelaskan bahwa sejak 24 Juni 2024, petugas Pemutahiran Data Pemilih (Pantarlih) telah melakukan Coklit di seluruh daerah di wilayah Kabupaten Lingga. 

"Untuk kemudian mendata siapa saja yang terdaftar dan siapa saja yang belum terdaftar," ucap Roni kepada batamnews.co.id, Selasa, 9 Juli 2024.

Baca juga: Polres Lingga Gelar Operasi Gaktibplin, Cegah Keterlibatan Anggota dalam Judi Online

Pengawasan yang dilakukan oleh Panwascam bersifat 'melekat', artinya pengawas dari kecamatan dan desa terus mengikuti petugas Pantarlih untuk memastikan bahwa semua prosedur di lapangan dijalankan dengan benar dan sesuai aturan. Ini termasuk pengawasan langsung saat Pantarlih berinteraksi dengan warga untuk verifikasi data pemilih.

Selain pengawasan melekat, Panwascam juga mengimplementasikan metode uji petik atau uji fakta dalam tahap kedua pengawasan. "Hal ini dilakukan untuk lebih memastikan data di lapangan sesuai dengan realitas yang ada," tambah Roni.

Meskipun petugas Pengawas Pemilu tidak mendapatkan data pemilih, namun mereka tetap proaktif dalam melakukan pengawasan dengan metode melekat dan uji petik. "Kita ke mana Pantarlih pergi, di situ kita ada (Pengawas Pemilu)," tegasnya.

Baca juga: Libur Sekolah SD/SMP di Lingga Diperpanjang, MPLS Diundur Hingga 15 Juli 2024

Langkah-langkah pengawasan ini diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap integritas proses pemilihan umum, khususnya dalam memastikan setiap warga negara yang berhak mendapatkan kesempatan untuk terdaftar sebagai pemilih.

Dengan pemantauan yang ketat dan terstruktur, Panwascam Katang Bidare bertekad untuk memastikan bahwa Pilkada serentak 2024 di Kabupaten Lingga dapat berjalan dengan jujur dan adil, bebas dari manipulasi data pemilih yang bisa merusak esensi dari demokrasi.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews