Jumlah TPS Pilkada 2024 di Karimun Berkurang, Kini Jadi 421 TPS

Jumlah TPS Pilkada 2024 di Karimun Berkurang, Kini Jadi 421 TPS

Ilustrasi

Karimun, Batamnews - Pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kabupaten Karimun akan mengalami perubahan signifikan dalam jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) dibandingkan dengan pemilihan presiden dan legislatif sebelumnya. 

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karimun, Suhermita, mengungkapkan bahwa jumlah TPS akan berkurang dari 781 menjadi 421 TPS.

Perubahan ini terjadi sebagai akibat dari penyesuaian jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) per TPS. "Pada pemilu terakhir, setiap TPS hanya mengakomodasi maksimal 300 pemilih. Namun, pada Pilkada kali ini, kapasitas maksimal setiap TPS adalah 800 pemilih," jelas Suhermita.

Baca juga: KPU Karimun Buka Rekrutmen Pantarlih, Berikut Tugas dan Besaran Honorer

Keputusan ini diambil sesuai dengan ketentuan yang terdapat dalam Undang-Undang Nomor 1 tahun 2015 tentang penetapan peraturan pemerintah pengganti Undang-Undang Nomor 1 tahun 2014, khususnya pada Pasal 87 ayat 1 yang mengatur jumlah pemilih maksimal dalam satu TPS saat Pilkada.

Penurunan jumlah TPS diharapkan dapat meningkatkan efisiensi dalam pengelolaan pemilihan serta mempermudah pengawasan dan pelaksanaan di lapangan. 

Dengan penambahan kapasitas pemilih per TPS, KPU Karimun berharap proses pemungutan suara dapat berjalan lebih cepat dan efisien, sekaligus meminimalisir kepadatan yang mungkin terjadi di TPS pada hari pemungutan suara.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews