Optimalisasi Layanan Publik, Kabupaten Lingga Gelar Bimtek Sistem Informasi Arsitektur SPBE V.2

Optimalisasi Layanan Publik, Kabupaten Lingga Gelar Bimtek Sistem Informasi Arsitektur SPBE V.2

Kepala Diskominfo Lingga, Izjumadillah, S.Pd (kanan), membuka Bimtek SIA SPBE Versi 2 di Media Center Kabupaten Lingga, Senin, 10 Juni 2024. (Foto: dok.Diskominfo Lingga)

Lingga, Batamnews - Dalam rangka memperkuat integrasi dan keterpaduan layanan digital nasional, Pemerintah Kabupaten Lingga melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Sistem Informasi Arsitektur (SIA) SPBE Versi 2. 

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Kepala Diskominfo Lingga, Izjumadillah, S.Pd, di Media Center Kabupaten Lingga, Senin, 10 Juni 2024.

Bimtek ini diselenggarakan dari tanggal 10 hingga 20 Juni 2024, dan diikuti oleh seluruh Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Lingga. Tujuan utama dari Bimtek ini adalah untuk mendorong penyusunan Arsitektur SPBE yang terpadu di setiap instansi pusat dan pemerintah daerah, sejalan dengan kebijakan penerapan Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE).

Baca juga: Pemprov Kepri Segera Perbaiki Sejumlah Titik Ruas Jalan Longsor di Lintas Timur Pulau Lingga

Dalam sambutannya, Izjumadillah menekankan pentingnya tata kelola SPBE yang efektif untuk mewujudkan pemerintahan yang bersih, efisien, transparan, dan akuntabel serta pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya. 

"SIA Versi 2 SPBE adalah aplikasi yang membantu pemerintah kabupaten dalam melakukan perencanaan, pembangunan, dan pengelolaan SPBE secara terintegrasi," ujar Izjumadillah.

Aplikasi ini dilengkapi dengan berbagai fitur yang mendukung optimalisasi tata kelola, seperti memastikan semua kegiatan perencanaan berlandaskan pada arsitektur SPBE yang mencakup aplikasi, infrastruktur, keamanan, serta membantu dalam evaluasi Reformasi Birokrasi dan pengelolaan belanja teknologi informasi dan komunikasi (TIK). 

Baca juga: Sosialisasi Pencegahan Perkawinan Usia Anak di Desa Penaah, Bupati Lingga Ingatkan Peran Orang Tua

Lebih jauh, aplikasi ini juga mendukung penyusunan anggaran yang lebih efisien. Dengan adanya Bimtek ini, diharapkan Pemerintah Daerah dapat menggunakan aplikasi SIA Versi 2 SPBE untuk menyusun Arsitektur SPBE yang efektif di masing-masing Perangkat Daerah. 

"Harapan kami, Bimtek ini akan membantu Kabupaten Lingga dalam meningkatkan tata kelola SPBE yang lebih baik dan efisien, serta mendukung tercapainya target Reformasi Birokrasi di Kabupaten ini," tutup Izjumadillah.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews