KSOP: Pergantian 13 Kru Kapal Lokal ke MT Arman 114 Tidak Pernah Lapor Sejak Awal

KSOP: Pergantian 13 Kru Kapal Lokal ke MT Arman 114 Tidak Pernah Lapor Sejak Awal

Kapal supertanker MT Arman 114 (kiri). (Foto: ist/zonajakarta)

Batam, Batamnews - Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Khusus Batam membantah pernyataan kapten kapal MT Arman 114, Mahmoud Mohamed Abdelaziz Mohamed Hatiba (MMAMH) yang mengatakan bahwa perihal 13 orang kru kapal lokal yang dinaikkan oleh dirinya telah mendapatkan izin dari KSOP.

Hal ini dibantah oleh Kepala KSOP Khusus Batam, Yefri Meidison. 

"Siapa yang beri izin? Coba tanya mereka sejak kapal masuk saja tidak pernah melaporkan kedatangannya secara inaportnet. Bagaimana KSOP memberikan Izin sesuatu dan kewenangan crew kan tugasnya Imigrasi dan urusan dengan KSOP," ungkapnya kepada Batamnews.co.id melalui pesan singkat WhatsApp, Kamis, 16 Mei 2024.

Baca juga: Nakhoda Pertanyakan Alasan KLHK Tahan Dokumen Keimigrasian ABK Kapal MT Arman 114

Perihal pernyataan kapten ini, Batamnews.co.id juga telah melakukan upaya konfirmasi ke Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam. Namun, perihal pertanyaan konfirmasi yang dilayangkan oleh Batamnews.co.id ke Kabid TIK Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam, Kharisma Rukmana, pihaknya masih melakukan kroscek informasi tersebut.

Untuk diketahui, polemik penurunan kru asing dan penaikan kru lokal ke atas kapal MT Arman ini telah menjadi sorotan serius bagi sejumlah pihak.

Salah satunya adalah, aktivis Kemaritiman Indonesia, Laksda TNI (Purn) Adv Soleman B Ponto, Mantan Kepala Badan Intelijen Strategis (BAIS) yang mengatakan terdapat 10 pelanggaran dalam peristiwa penurunan kru kapal ini. 

Baca juga: Soleman B Ponto Nilai Ada 10 Pelanggaran dalam Penurunan Awak Kapal MT Arman 114

"Hanya karena menurunkan manusia, sudah 10 Undang-undang yang dilanggar. Ini harusnya menjadi perhatian khusus bagi pemerintah karena Bakamla sudah menjadi perompak dengan sengaja melanggar 10 Undang-undang ini. Harusnya mereka dibubarkan saja karena sudah tidak ada gunanya," pungkas Soleman.

(CR2)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews