Distankan Prediksi Kebutuhan Hewan Kurban Idul Adha 1445 Hijriah di Pekanbaru Tetap Stabil

Distankan Prediksi Kebutuhan Hewan Kurban Idul Adha 1445 Hijriah di Pekanbaru Tetap Stabil

Ilustrasi.

Pekanbaru, Batamnews – Dinas Pertanian dan Peternakan (Distankan) Kota Pekanbaru memperkirakan kebutuhan hewan kurban pada Idul Adha 1445 H/2024 M tidak akan mengalami peningkatan dibanding tahun sebelumnya. Kebutuhan hewan kurban diprediksi tetap sama seperti tahun lalu.

Distankan Kota Pekanbaru telah memulai pemantauan dan pengawasan terhadap hewan kurban yang masuk ke kota ini. Mereka memastikan agar hewan kurban yang masuk dalam kondisi sehat dan layak konsumsi.

"Kebutuhan hewan kurban tahun ini kami perkirakan masih sama dengan tahun lalu," ujar Kepala Distankan Kota Pekanbaru, Muhammad Firdaus, kepada wartawan, Selasa, 14 Mei 2024.

Baca juga: Kapolda Riau dan Pejabat Polda Kirim Bantuan Sembako dan Selimut untuk Korban Banjir Bandang di Sumatera Barat

Ia menambahkan bahwa tim dari Distankan telah mulai melakukan pendataan dan pemeriksaan terhadap hewan kurban yang masuk ke Pekanbaru. Pemeriksaan ini dilakukan baik di peternakan maupun di tempat penampungan hewan kurban.

"Tim dari Distankan Pekanbaru akan melakukan pemeriksaan administrasi hingga kesehatan hewan kurban yang datang dari daerah lain. Kami memastikan hewan kurban yang masuk ke Pekanbaru layak konsumsi dan bebas dari penyakit," jelasnya.

Distankan Pekanbaru juga telah menyiapkan persiapan untuk melakukan pengecekan lebih lanjut terhadap hewan kurban yang masuk. Ini termasuk pemeriksaan kesehatan dan administrasi untuk memastikan kelayakan hewan tersebut.

Baca juga: Polsek Kateman Ringkus Dua Pelaku Penyalahgunaan Narkotika Jenis Sabu di Inhil

"Kami sudah melakukan persiapan untuk melakukan pengecekan hewan kurban," terangnya.

Jumlah kebutuhan hewan kurban di Pekanbaru tahun ini diperkirakan tetap sama dengan tahun lalu, yaitu sekitar 10.000 ekor yang terdiri dari sapi dan kambing. Hewan-hewan kurban ini didatangkan dari berbagai daerah seperti Palembang, Lampung, Bengkulu, Sumatra Utara, dan beberapa kabupaten di Riau.

Dengan persiapan dan pengawasan yang dilakukan oleh Distankan Pekanbaru, diharapkan kebutuhan hewan kurban pada Idul Adha tahun ini dapat terpenuhi dengan baik dan memastikan hewan-hewan tersebut dalam kondisi sehat serta layak untuk dikonsumsi.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews