Provinsi Riau Pecahkan Rekor MURI 10 Ribu Penari dalam Acara Lancang Kuning Carnival 2024

Provinsi Riau Pecahkan Rekor MURI 10 Ribu Penari dalam Acara Lancang Kuning Carnival 2024

Provinsi Riau menyelenggarakan tari serentak yang spektakuler dengan melibatkan 10 ribu peserta dalam acara pembukaan Gebyar Gerakan Nasional (Gernas) Bangga Buatan Indonesia (BBI), Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI), dan Lancang Kuning Carnival tahun 2024. (Foto: ist)

Pekanbaru, Batamnews - Provinsi Riau menyelenggarakan tari serentak yang spektakuler dengan melibatkan 10 ribu peserta dalam acara pembukaan Gebyar Gerakan Nasional (Gernas) Bangga Buatan Indonesia (BBI), Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI), dan Lancang Kuning Carnival tahun 2024.

Berkat hal itu, Pemprov Riau berhasil meraih Piagam Penghargaan Museum Rekor Indonesia (MURI) untuk kategori tersebut.

Acara yang digelar pada Jumat, 3 Mei 2024 malam ini, berlangsung di halaman Kantor Gubernur Riau yang terletak di Jalan Sudirman, Jalan Cut Nyak Dien, dan Jalan Cut Meutia, Pekanbaru. Semangat dan antusiasme yang luar biasa ditunjukkan oleh seluruh peserta dalam menampilkan tarian yang menggambarkan kekayaan budaya Melayu.

Baca juga: Kepala BP Batam Apresiasi Antusiasme Masyarakat Dukung Kemenangan Timnas Indonesia U23

Direktur Operasional MURI, Yusuf Ngadri, menyerahkan secara langsung piagam rekor kepada Pj Gubernur Riau, SF Hariyanto, yang juga dihadiri dan dipuji oleh Menteri Perhubungan Republik Indonesia, Budi Karya Sumadi. 

"Riau sangat keren bisa memecahkan rekor MURI dengan gerakan yang sangat menggambarkan identik budaya Melayu," ujar Budi Karya dalam acaranya.

Menurut Budi Karya, prestasi ini tidak hanya membanggakan tapi juga membuktikan kerja sama solid antara pemerintah, masyarakat, dan berbagai elemen lain di Riau. 

"Ini menjadi juara dunia. Riau sepantasnya menjadi destinasi yang harus dikunjungi oleh para wisatawan," tambahnya.

Baca juga: SMSI Provinsi Riau Sambangi BP Batam, Muhammad Rudi: Mari Dukung Pembangunan

Acara ini juga mencatat kunjungan mendekati 2 juta wisatawan ke Riau, membuktikan kreativitas daerah ini dalam menarik minat turis. Selain itu, Gebyar Gernas BBI dan BBWI, bersama dengan Lancang Kuning Carnival, juga memberikan peluang besar untuk pertumbuhan industri UMKM dan sektor pariwisata di Riau.

SF Hariyanto mengungkapkan bahwa setelah sukses dengan penyelenggaraan kegiatan serupa tahun 2023 yang mencatatkan transaksi mencapai Rp63 miliar, tahun ini Pemprov Riau kembali dipercaya untuk melaksanakan kegiatan yang lebih besar dan menarik. 

"Kami bertekad untuk memanfaatkan momentum ini sebaik-baiknya guna mendukung pertumbuhan ekonomi lokal melalui kegiatan yang kami adakan," tutur Hariyanto.

Dengan pencapaian ini, Provinsi Riau berharap dapat terus meningkatkan reputasinya sebagai tuan rumah yang mampu menyelenggarakan event-event besar yang tidak hanya berdampak ekonomi tapi juga memperkuat identitas budaya dan pariwisata daerah.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews