Seleksi Anggota Paskibraka Batam 2024 Resmi Dibuka, 1.027 Siswa Telah Mendaftar

Seleksi Anggota Paskibraka Batam 2024 Resmi Dibuka, 1.027 Siswa Telah Mendaftar

Seleksi Anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Tingkat Kota Batam, Provinsi dan Nasional Tahun 2024 resmi dibuka Pemerintah Kota Batam melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol). (Foto: istimewa)

Batam, Batamnews - Seleksi Anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Tingkat Kota Batam, Provinsi dan Nasional Tahun 2024 resmi dibuka Pemerintah Kota Batam melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol). 

Pembukaan seleksi dilakukan Wali Kota Batam Muhammad Rudi yang diwakili Sekretaris Daerah Jefridin di Dataran Engku Putri.

"Ikuti tahapan seleksi ini dengan sebaik-baiknya dan bersungguh-sungguh, sehingga seleksi dapat berjalan lancar," pesannya, Rabu, 24 April 2024.

Baca juga: Ayah Supir Taksi: Anaknya Terpilih sebagai Anggota Paskibraka Nasional dari Kepri

Pendaftaran calon Paskibraka dilakukan secara daring pada Februari lalu dengan diikuti 1.027 siswa SLTA. Sebanyak 306 siswa telah melakukan pendaftaran ulang dan dinyatakan memenuhi syarat administrasi. Dari jumlah tersebut, akan dipilih 80 orang terdiri dari 40 putra dan 40 putri.

"Tes yang diikuti berbasis teknologi informasi dan komunikasi, tes pengamatan fisik dan tes wawancara. Insyaallah jika diikuti dengan sungguh-sungguh, kalian akan lolos menjadi anggota Paskibraka yang akan mengibarkan bendera pada 17 Agustus nanti," kata Jefridin memotivasi.

Jefridin mengatakan, Paskibraka merupakan program kaderisasi calon pemimpin bangsa yang berkarakter Pancasila. Bagaimana mengarusutamakan Pancasila dalam NKRI yang Bhinneka Tunggal Ika oleh putra-putri terbaik bangsa.

Baca juga: Bupati Lingga Nizar Kukuhkan 32 Paskibraka HUT Kemerdekaan RI

"Anggota Paskibraka akan diberikan materi peningkatan wawasan kebangsaan untuk membentuk penerus perjuangan bangsa dan calon pemimpin yang berjiwa Pancasila," ujarnya.

Jefridin menegaskan Paskibraka tidak sebatas menaikkan dan menurunkan bendera, melainkan program pengkaderan calon pemimpin berkarakter. Selama seleksi, peserta akan mendapat pembelajaran ideologi Pancasila, wawasan kebangsaan dan baris-berbaris.

Seleksi ditandai dengan penyematan tanda peserta oleh Jefridin didampingi Kepala Badan Kesbangpol Batam Riama Manurung.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews